29 April 2024 - 22:03 22:03

Polres Blitar Tes Urine 176 Anggotanya

WartaPenaNews, Blitar – Sebanyak 176 orang anggota Polres Blitar, Jawa Timur, mengikuti tes urine bekerja sama dengan BNN Blitar,sebagai upaya mencegah penyalahgunaan narkotik dan obat-obatan terlarang pada anggota.

“Pelaksanaan tes urine ini dilaksanakan sebagai langkah Polres Blitar untuk pencegahan anggota memakai narkoba,” kata Kasubag Humas Polres Blitar AKP Imam Subechi di Blitar, Senin.

Dalam kegiatan itu, diikuti 176 orang anggota. Tes urine diselenggarakan di Mapolres Blitar. Seluruh anggota didata dan diberi satu per satu botol untuk menaruh urine.

Selanjutnya, mereka masuk ke dalam kamar mandi dan menyerahkan sampel urine. Petugas dari BNN Blitar juga langsung melakukan penelitian dan ternyata hasilnya negatif semua.

“Keterangan dari hasil pengecekan yang positif nihil dan yang negatif ada 176. Pelaksanaan tes urine anggota Polres Blitar ini juga berjalan lancar,” kata dia.

Selain di Polres Blitar, hal yang sama juga dilakukan di Polresta Blitar. Ada 127 anggota yang menjalani tes urine. Bahkan, Kapolres bersama Wakapolres Kota Blitar dan pejabat utama juga ikut menjalani tes urine.

Kapolresta Blitar AKBP Yudhi Hery Setiawan mengungkapkan bahwa tes urine ini akan dilakukan secara bertahap kepada semua anggota Polres Blitar Kota.

Secara keseluruhan, jumlah personel di Polresta Blitar kurang lebih 519 orang. Namun, saat ini, baru 127 personel yang sudah ikut tes urine.

“Nanti secara bertahap, semua personel wajib menjalani tes urine untuk deteksi dini dan pencegahan penyalahgunaan narkoba,” tutur Kapolresta Yudhi.

Sementara itu, dari hasil pelaksanaan tes pada 127 anggota di Polresta Blitar, semuanya juga dinyatakan negatif. Namun, pihaknya akan memberikan sanksi tegas bagi anggota yang terbukti menyalahgunakan narkoba.

“Kalau ada anggota yang terbukti menyalahgunakan narkoba, tentunya akan diberi sanksi,” kata dia.

Hal yang sama juga dilakukan di Mapolresta Kediri. Terdapat kurang lebih 400 anggota Polresta Kediri menjalani tes urine, sebagai bentuk pencegahan peredaran dan penggunaan narkotika.

Kapolresta Kediri AKBP Eko Prasetyo mengatakan tes tersebut merupakan perintah langsung dari Polda Jatim maupun Mabes Polri. Namun, setelah tes dilakukan, dari hasil evaluasi tidak ditemukan ada anggota yang positif narkoba.

Namun, pihaknya juga tidak segan akan memberikan sanksi jika terdapat anggota positif terpengaruh narkoba.

“Anggota harus memberikan contoh yang baik kepada masyarakat dengan tidak menggunakan narkoba,” ucap dia. (wsa/ant)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 April 2024 - 12:13
Polisi Selidiki soal Pelat BMW Emas Milik Pelaku Pembunuhan Remaja Open BO

WARTAPENANEWS.COM – Baru-baru ini, beredar sebuah foto di media sosial yang memperlihatkan mobil BMW berwarna emas milik Arif Nugroho, pelaku yang mencekoki remaja 16 tahun hingga tewas di sebuah hotel

01
|
29 April 2024 - 11:19
Ayah di Jambi Cabuli Anak Kandungnya Berkali-kali

WARTAPENANEWS.COM – Seorang ayah di Desa Mekar Limau Manis, Kecamatan Tabir Ilir, Kabupaten Merangin, Jambi hampir menjadi bulan-bulanan tetangganya, jika tidak cepat diamankan ke kantor polisi oleh anggota Bhabinkamtibmas Aipda

02
|
29 April 2024 - 10:09
Daratan Selatan AS Diterjang Angin Puting Beliung

WARTAPENANEWS.COM – Puluhan angin puting beliung melanda daratan selatan Amerika Serikat, akhir pekan kemarin. Setidaknya empat orang tewas, termasuk seorang bayi berusia empat bulan, di Negara Bagian Oklahoma. Selain itu,

03