24 April 2024 - 00:50 0:50

Polri Segera Rilis Hasil Investigasi Kerusuhan 22 Mei

WartaPenaNews, Jakarta – Polri mengklaim tim investigasi bentukan Kapolri Jenderal Tito Karnavian hampir menyelesaikan investigasi kerusuhan aksi 21-22 Mei 2019. Aksi demo yang berawal damai berujung rusuh dan mengakibatkan 9 korban meninggal dunia.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, Tim Investigasi kasus kerusuhan 21-22 Mei yang dipimpin Irwasum Polri Komjen Moechgiyarto sudah hampir menyelesaikan tugas dalam mengungkap dan mencari fakta kerusuhan tersebut.

“Dari laporan yang saya terima, tim investigasi gabungan bisa dikatakan sudah hampir 90 persen penanganannya. Dan sudah cukup komprehensif. Tapi, saya juga masih menunggu update secara lengkapnya,” kata Dedi di Mabes Polri, Selasa (2/7).

Dedi menyampaikan, tim Investigasi ini sendiri berencana akan mengumumkan hasil kerjanya itu secara bersama-sama. Pengumuman akan dilakukan bersama Komnas HAM, Kompolnas, dan Ombudsman sesuai atas kesepakatan ketua tim investigasi dengan para pimpinan lembaga yang menjadi mitra kerjanya.

“Jadi, sudah ada kesepakatan dan komunikasi juga sudah berjalan cukup lama, sehingga nanti akan dirilis bersama Komnas HAM, dengan Kompolnas, dan dengan ORI,” ujar Perwira tinggi Polri berpangkat bintang satu itu.

Lebih jauh, Dedi mengakui, hingga saat ini masing-masing lembaga yang menjadi mitra kerja Polri telah mengantongi hasil investigasi versi Polri. Sedangkan Polri juga telah mendapat masukan-masukan dari ketiga lembaga tersebut untuk menyempurnakan laporan hasil investigasi.

“Hasil investigasi ini sudah diekspose di Kompolnas, diekspose di ORI, bahkan diekspos dua kali di Komnas HAM. Dan ada berbagai masukan dari Kompolnas, Komnas HAM, ini sudah ditindaklanjuti oleh tim investigasi Kapolri dan hasilnya sudah dilaporkan juga,” jelas Dedi.

Adapun saat ini, Dedi menyebut, jika Polri saat ini sedang menunggu Ombudsman, Kompolnas, dan Komnas HAM untuk menyelesaikan hasil investigasi versi masing-masing lembaga untuk nantinya disampaikan bersama kepada masyarakat.

“Artinya, kita masih menunggu. Ini kesepakatan bersama sudah dibangun, kita sudah menunggu. Apabila dari ORI sudah selesai, dari Kompolnas sudah selesai, kemudian dari Komnas HAM juga sudah selesai melakukan investigasi, baru nanti tim gabungan merilis,” ucap Dedi.

Sebagai informasi, sejumlah hal-hal yang sudah dikantongi datanya oleh tim Investigasi Polri itu antara lain terkait penyebab tewasnya sembilan orang yang diduga berperan sebagai perusuh, lalu lokasi tewasnya korban, dan juga asal-muasal tembakan yang menewaskan korban. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03