29 March 2024 - 03:38 3:38

Polusi Udara Bisa Menyebabkan Munculnya Jerawat

WartaPenaNews, Jakarta – Beberapa tahun belakangan ini, tingkat polusi di Indonesia makin bertambah dan membuat warga cemas dengan kesehatan mereka, terutama kesehatan kulit. Bahkan juga, ada juga yang menyebutkan jika polusi dapat menyebabkan jerawat. Lalu, apa hal ini benar?

Benarkan polusi menyebabkan jerawat?

Menurut Anne Marie Fine, seorang ahli dermatologi pada Grist, partikel kecil dan beracun yang menyebar di udara bisa mengganggu kesehatan kulit Anda.

Senyawa yang ada di polusilah yang jadi pemicu utama masih ini. Polusi yang berada di luar ruangan mengandung kombinasi bahan kimia dan gas yang berasal dari atmosfer dan sampah mesin bikinan manusia.

Di dalamnya dapat ada senyawa sejenis nitrogen dioksida dan sulfur dioksida. Ke-2 senyawa kimia ini dipercaya bisa merusak kulit Anda bila terkena terlalu banyak, seperti iritasi kulit.

Pada tahun 2017 dilakukan sebuah riset yang cari tahu apa ada jalinan di antara polusi dan jerawat. Beberapa periset coba membuktikan jika polutan yang beresiko ini bisa membuahkan oksidasi dan peradangan.

Hasilnya ternyata belum terlalu memberikan keyakinan. Akan tetapi, di riset itu kelihatan jika kedua zat kimia dari polusi bisa merangsang perkembangan jerawat walau amat sedikit.

Diluar itu, faktor simpatisan yang membuat polusi bisa menyebabkan jerawat ialah terlalu seringkali terkena cahaya UV matahari. Paparan cahaya UV ini dapat juga mengurangi antioksidan pada wajah, seperti vitamin E yang bermanfaat untuk menahan peradangan yang jadi pemicu munculnya jerawat.

Polusi memang bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Senyawa yang ada di udara yang tercemar dan papasan cahaya matahari yang jadi sebabnya.

Walaupun ada jalinan di antara polusi dan jerawat, dibutuhkan riset lebih dalam untuk membuktikan hal ini.
Panduan hadapi polusi agar tidak menyebabkan jerawat

Di beberapa negara Asia, terutama Indonesia, tingkat polusi makin tinggi, hingga pemerintah merekomendasikan masyarakatnya untuk menggunakan masker setiap ke luar ruangan.

Tidak hanya bertujuan untuk menyaring udara yang masuk ke skema pernafasan, masker dapat melindungi wajah Anda dari paparan polusi.

Beberapa cara lain untuk mengurangi efek polusi yang menyebabkan jerawat di wajah, yakni:

1. Menggunakan sunscreen

Tidak hanya menggunakan masker, cara untuk melawan polusi yang menyebabkan jerawat dengan menggunakan sunscreen atau tabir surya setiap keluar ruangan. Masalahnya saat Anda ada di luar ruangan, wajah yang tidak ditutupi oleh masker akan terkena cahaya UV dan polusi.

Karena itu itu, para ahli dermatologi merekomendasikan penggunaan tabir surya supaya kulit terproteksi dan menahan wajah kehilangan peptida antimikroba yang baik untuk kulit Anda.

Janganlah lupa untuk pilih sunscreen yang bisa melindungi wajah Anda dari cahaya UVA dan UVB.

2. Menghindarkan penggunaan scrub wajah

Pemakaian scrub wajah setelah beraktivitas di luar ruangan ternyata bisa membuat jerawat bertambah parah.

Itu penyebabnya, coba untuk menggunakan pembersih yang tidak merusak pelindung alami wajah tetapi tetap bisa hilangkan dampak negatif polusi pada permukaan kulit. Anda bisa menggunakan pembersih yang mengandung asam salisilat atau benzoyl peroxide.

3. Menggunakan pelembap

Sesudah menggunakan obat jerawat, biasanya kulit wajah akan berasa kering. Agar wajah tidak berasa kasar, gunakanlah pelembap wajah.

Seperti yang direferensikan oleh American Academy of Dermatology, ada banyak kandungan pelembap yang dapat Anda lihat untuk menjaga kulit yang rawan berjerawat, yakni:

Bebas minyak atau oil free
Non-comedogenic
Tidak menutup pori

Walau polusi dapat dibuktikan dapat menyebabkan jerawat, bukan bermakna sekali terkena polusi Anda akan langsung berjerawat. Tetaplah menjaga kebersihan kulit wajah Anda.

Bila Anda merasakan cemas jerawat tetap tidak hilang walau sudah ikuti panduan di atas, silakan tanyakan dengan ahli dermatologi untuk mendapatkan perlakuan yang tepat. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03