6 May 2024 - 07:56 7:56

Polusi Udara di Jakarta, Anak-anak Mulai Alami Batuk

WARTAPENANEWS.COM –  Beberapa anak di Jakarta dan sekitarnya mengalami pilek dan batuk berkepanjangan hingga harus mendapat perawatan di rumah sakit diduga terkait dengan buruknya polusi udara di ibu kota baru-baru ini.

Seorang dokter dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengatakan polusi udara yang buruk ikut “memfasilitasi” kasus infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) pada anak. IDAI menyebut polusi udara sebagai “pembunuh senyap” yang risikonya mematikan, dan harus ditangani dari sumbernya.

Di sisi lain, pemerintah akan memprioritaskan pembenahan sumber-sumber polutan, dan membentuk komite dalam upaya deteksi, penurunan risiko kesehatan dan adaptasi terhadap polusi udara.

Saskia, 36 tahun, sudah hampir satu pekan menemani anaknya yang terbaring lemas di atas ranjang rumah sakit di kawasan Jakarta Selatan. Anak bungsu Saskia yang biasa dipanggil Mika, didiagnosis mengalami peradangan paru-paru [pneumonia] dan bronkitis.

“Dua Minggu ini mendadak ada demam, naik-turun. Ada pilek, dan ujungnya sampai batuknya membuat dia muntah-muntah,” kata Saskia pada Jumat (18/08).

Menurut dokter yang bercerita kepada Saskia, kesehatan anaknya yang berusia tujuh tahun itu “diperparah kondisinya dengan adanya polusi udara belakangan ini.”

Polutan halus dalam jumlah besar yang bertebaran di langit Jakarta dan sekitarnya dalam beberapa pekan terakhir juga harus merepotkan Billy Antoro, warga Tangerang, Banten.

Ia harus membawa anak bungsunya, Ahmad Literasi, 4 tahun ke instalasi gawat darurat setelah pulang berkunjung ke museum dan tempat pameran di Jakarta.

“Saya menduga ini ada pengaruh polusi udara Jakarta,” kata Billy yang saat itu baru pertama kali kembali ke wilayah Jakarta setelah berbulan-bulan. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
4 May 2024 - 12:14
Mal Rabinza di Lebak Hangus Terbakar

WARTAPENANEWS.COM – Kebakaran hebat terjadi di Mal Rangkasbitung Indah Plaza (Rabinza), Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, pada Sabtu (4/5/2024) dini hari. Informasi diperoleh, peristiwa itu terjadi pukul 00.25 WIB.

01
|
4 May 2024 - 11:13
Mayat Pria Ditemukan Tanpa Busana di Perumahan Sukabumi

WARTAPENANEWS.COM – Warga di Perumahan Frinanda, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, digegerkan dengan penemuan mayat pria dalam kondisi telanjang. Kejadian tragis tersebut terjadi di rumah blok B1 Nomor 1

02
|
4 May 2024 - 10:06
Exit Tol Jagorawi Arah Puncak Macet, Contraflow Diberlakukan di KM 44

WARTAPENANEWS.COM – Kemacetan terjadi di exit Tol Jagorawi arah Puncak pagi ini, Sabtu (4/5). Ini disebabkan wisatawan yang akan berlibur ke kawasan Puncak pada weekend. Informasi dari Jasa Marga, kemacetan

03