29 March 2024 - 07:40 7:40

Polusi Udara di Pasar Kemis Tangerang Terparah di Indonesia

wartapenanews.com – Hanya sebagian kecil dari kota-kota di Asia Tenggara yang mencatat tingkat kualitas udara pada 2022 memenuhi standar kesehatan internasional. Parahnya, Indonesia mencatat tingkat polusi regional tertinggi. Bahkan yang paling tinggi terjadi di Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Banten.

Menurut laporan baru dari IQAir, sebuah perusahaan yang melacak polusi udara di seluruh dunia yang diterbitkan Selasa (14/3/2023), hanya 2,7 persen kota di kawasan di Asia Tenggara memenuhi pedoman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk PM2.5. Atau hanya delapan kota dari 296 tempat yang didata dalam survei tersebut.

PM2.5 adalah partikel kecil yang dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Ini adalah salah satu bentuk polusi udara paling mematikan dengan diameter kurang dari 2,5 mikrometer. Partikel-partikel ini dapat menembus jauh ke dalam paru-paru, di mana mereka bertahan dalam waktu lama atau masuk ke aliran darah tanpa filter.

Paparan yang terlalu lama terhadap polusi udara berbahaya diketahui melemahkan resistensi terhadap penyakit pernapasan dan dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru serta penyakit jantung. “Ini dapat disebabkan oleh berbagai sumber, tetapi di Asia Tenggara pencemar utama adalah emisi industri, pembangkit listrik, emisi kendaraan, serta pembakaran terbuka,” kata IQAir dalam laporannya, mengutip Channel News Asia.

Indonesia mencatat tingkat polusi regional tertinggi, dengan enam kotanya berada di 15 teratas untuk konsentrasi PM2.5 tertinggi, termasuk Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, peringkat teratas, dan kota besar Jakarta serta Surabaya menempati posisi keempat dan ketujuh di wilayah yang paling tercemar. Hanoi di Vietnam berada di peringkat kedua sementara ibu kota Laos, Vientiane, adalah kota paling tercemar ke-14 tahun lalu.

Kualitas udara secara keseluruhan, bagaimanapun, meningkat di seluruh Asia Tenggara tahun lalu, dengan tujuh dari sembilan negara di wilayah tersebut mencatat penurunan konsentrasi PM2.5 sepanjang tahun. Hanya Vietnam dan Laos yang tingkat polusi udaranya memburuk.

Tiga kota di Indonesia juga masuk dalam kisaran ‘sehat’ 0-5 mikrogram per meter kubik – ukuran konsentrasi polutan udara, yaitu Kupang di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Pangkal Pinang di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Mamuju di Sulawesi Barat. Sementara kualitas udara terbaik di Asia Tenggara ada di Nam Sach, sebuah distrik pedesaan di wilayah Delta Sungai Merah Vietnam, masih menurut survei IQAir. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 07:29
Diduga Kasus Pelecehan Seksual, Mantan Ketua DPD PSI Jakbar Dipolisikan

WARTAPENANEWS.COM - Mantan Ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Jakarta Barat (Jakbar) ANL dipolisikan atas dugaan pelecehan seksual, oleh seorang wanita berinisial W (29). Laporan dilakukan di Polda Metro Jaya

01
|
29 March 2024 - 07:11
Rumah Kontrakan di Jatinegara Terbakar akibat Kompor Meledak

WARTAPENANEWS.COM - Sebuah rumah kontrakan seluas 3x10 meter di Jatinegara, terbakar saat Kamis sore ini (28/3/2024) menjelang waktu berbuka puasa. Rumah kontrakan tersebut terbakar lantaran penghuni rumah tengah memasak nasi,

02
|
29 March 2024 - 06:31
Oplos Pertalite Jadi Pertamax, Manajer-Pengelola SPBU Ditangkap Polisi

WARTAPENANEWS.COM - Polisi mengungkap tindakan curang yang dilakukan di empat SPBU di Jakarta Barat, Kota Tangerang, dan Depok. SPBU itu mengoplos pertalite sehingga tampilannya seperti pertamax. Lalu dijual dengan harga

03