25 April 2024 - 19:21 19:21

Prabowo Ditunjuk Jadi Komandan Lumbung Pangan di Kalteng

WartaPenaNews, Jakarta – Kementerian Pertahanan (Kemhan) ditunjuk sebagai koordinator di proyek lumbung pangan nasional dengan inisiasi proyek food estate di Kalimantan Tengah.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan Kemhan nantinya berperan sebagai koordinator salah satu food estate, yaitu food estate khusus tanaman singkong.

“Jadi ada dua food estate, untuk tanaman padi leading sectornya Kementerian Pertanian. Lalu yang tanaman singkong leading sectornya di Kementerian Pertahanan,” jelas Basuki di kantornya, Selasa (2/8/2020).

Kemudian, sumber daya manusia yang akan dipekerjakan untuk food estate juga menjadi tanggung jawab Kemenhan. “SDM untuk food estate di taman singkong menjadi tanggung jawab Kemenhan untuk training,” jelasnya.

Tahun ini, food estate tanaman singkong yang rencananya dibuat 60 hektar akan digarap sebagian fasilitasnya sebanyak 30 hektar. Nantinya, Kemhan akan menurunkan Satuan Zeni TNI AD untuk urusan pembersihan lahan.

“Kemudian segera Kemenhan akan gerakkan satuan Zeni di dalam rangka land clearing, land graphing, untuk siapkan lahan tanaman singkong,” kata Basuki.

Sebelumnya, Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) mengkritik Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto karena menangani urusan pangan. Ini terkait penunjukan Prabowo sebagai leading sector food estate atau proyek lumbung pangan nasional.

“Terus apa yang dilakukan oleh Menteri Pertahanan yang katanya akan mencetak sawah dan lain sebagainya itu. Menhan itu kan apa yang diserahkan oleh pemerintahan Jokowi untuk menangani persoalan pangan,” kata Komite Eksekutif KAMI Ahmad Yani kepada Detik, Sabtu (22/8).

“Bagaimana nalar kita, walaupun tetap ada hubungannya ketahanan pangan, tapi di mana Menteri Pertanian gitu? Kita melihat akhirnya jadi tidak fokus,” tambahnya. (wsa)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 April 2024 - 12:38
Ganjar Tolak Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran

WARTAPENANEWS.COM – Usai gelaran Pilpres 2024 ini, Ganjar Pranowo kembali menegaskan dirinya berada di luar pemerintahan. Sikap ini, bukan berarti dia tak hormat pada pemenang pilpres, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

01
|
25 April 2024 - 11:14
Pegawai Kementerian ESDM Diperiksa Kejagung Terkait Kasus Korupsi Timah

WARTAPENANEWS.COM – Kejaksaan Agung (Kejagung) menjadwalkan pemeriksaan seorang pegawai Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam kasus korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah

02
|
25 April 2024 - 10:17
Bocah Temukan Mayat Wanita Membusuk di Dalam Rumah

WARTAPENANEWS.COM – Warga Kecamatan Cihara, Provinsi Banten dihebohkan penemuan sesosok mayat wanita di Kampung Barung Cayut, Desa Pondok Panjang, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak. Mayat yang ditemukan bocah sekitar pukul 13.00

03