20 April 2024 - 20:48 20:48

Presiden Jokowi dan Keluarga Inti Akan Melaksanakan Ritual Brobosan

WartaPenaNews, Jakarta – Rencananya, Kamis, 26 Maret 2020, pukul 13.00 WIB, jenazah Ibunda Presiden Jokowi akan dikebumikan di pemakaman keluarga Mundu, Selokaton, Gondangrejo, Karanganyar – Solo.

Cara Menghormati Dan Mengharap Keberkahan Dari Yang Meninggal

Layaknya tradisi kematian pada masyarakat Jawa, sebelum jenazah diberangkatkan ke pemakaman, diselenggarakan ritual brobosan.

Tradisi brobosan merupakan ritual yang dilakukan masyarakat Jawa, ketika orang tua, saudara atau kerabatnya meninggal dunia.

Tujuan acara untuk menghormati, serta berharap keberuntungan dari kharisma dan kemampuan yang meninggal.

Baca Juga: Pastikan Produksi Pertanian Berjalan, Kementan Minta Maksimalkan Alsintan

Tahapan Ritual

Ritual dimulai, ketika peti jenazah dibawa ke luar rumah dan diberhentikan untuk di doakan oleh Pinisepuh.

Usai berdoa, pengusung akan mengangkat keranda lebih tinggi, agar bisa dilewati oleh anggota keluarga. Dimulai dengan anak tertua, cucu, serta anggota keluarga inti yang berjalan sambil merunduk, bergantian.

Tata caranya, dimulai dari sebelah kanan, kemudian sebelah kiri, lalu ke depan hingga kembali lagi ke sebelah kanan. Masing-masing diulangi hingga 3 kali.

Ritual brobosan, pernah saya ikuti semasa kecil, ketika Eyang Kangkung (kakek) saya meninggal. Eyang putri (nenek) berada di depan, berjalan membungkuk sambil menyapu tanah menggunakan sapu lidi. Kami, mengikuti berjalan dari belakang. Salah seorang kerabat melempar peti jenazah dengan campuran beras kuning dan uang logam.

Usai prosesi brobosan, ketika peti jenazah mulai meninggalkan halaman, kerabat lainnya memecahkan piring yang digunakan Alm semasa hidup.

Intinya, agar perjalanan arwah ke alam baqa dimudahkan, serta keluarga yang ditinggalkan tetap ikhlas, sabar dan dimurahkan rejeki.

Ritual brobosan berdasarkan pepatah “mikul duwur, mendhem jero”, untuk menjunjung tinggi, serta mengenang jasa-jasa orang yang meninggal.(bud)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03