25 April 2024 - 22:25 22:25

Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Polyethylene Chandra Asri Senilai US$ 380 juta

Jakarta, WartaPenaNews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik baru polyethylene milik PT Chandra Asri Petrohemical Tbk (Chandra Asri) senilai US$ 380 juta atau sekitar Rp 5,7 triliun di Cilegon, Banten. Peresmian itu disaksikan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dan Gubenur Banten Wahidin Halim. .

Presiden menyadari bahwa salah satu masalah besar yang masih dihadapi Indonesia, yakni defisit transaksi berjalan dan perdagangan. Impor petrokimia dan migas adalah yang paling memberatkan neraca perdagangan.

“Barang-barang yang kita produksi di dalam negeri bahan bakunya, kebanyakan masih impor. Termasuk di dalamnya yang paling besar adalah petrokimia. Juga yang namanya impor minyak dan gas. Itu yang paling besar dan memberatkan neraca perdagangan,” kata Presiden Joko Widodo saat meresmikan pabrik tersebut di Cilegon, Banten, Jumat (6/12/2019)

Dia Berharap, pabrik yang mampu memproduksi 400 ribu ton Polyethylene per tahun ini, dapat menyelesaikan masalah neraca perdagangan. Salah satu caranya yaitu, dengan membuka investasi sehingga dapat memghentikan impor bahan petrokimia.

“Feeling saya mengatakan 4 atau 5 tahun lagi sudah tidak mengimpor lagi bahan-bahan petrokimia dan justru bisa kita ekspor,” lanjut dia.

Dia menurturkan, kebutuhan Polyethylene mencapai 2,3 juta ton per tahun. Sementara, kapasitas produksi nasional masih 780 ribu ton. Sehingga, mau tak mau Indonesia mengimpor 1,52 juta Polyethylene ton per tahunnya. “Jangan berikan dong peluang peluang seperti ini ke negara lain. Kalau kita bisa membuat sendiri knp harus impor. Segera selesaikan, kalau bisa jangan 4 tahun, 2 tahun selesai dikebut,” ucapnya.

Keberadaan pembangunan pabrik diharapkan bisa menanam modal hingga menyerap ratusan ribuan tenaga kerja. Hal tersebut kata dia juga akan membantu kontribusi gerakan roda ekonomi.

“Akan bantu dan kontribusi gerakkan roda ekonomi, bkn hanya di cilegon dan banten saja,” ungkap Jokowi. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 April 2024 - 12:38
Ganjar Tolak Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran

WARTAPENANEWS.COM – Usai gelaran Pilpres 2024 ini, Ganjar Pranowo kembali menegaskan dirinya berada di luar pemerintahan. Sikap ini, bukan berarti dia tak hormat pada pemenang pilpres, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

01
|
25 April 2024 - 11:14
Pegawai Kementerian ESDM Diperiksa Kejagung Terkait Kasus Korupsi Timah

WARTAPENANEWS.COM – Kejaksaan Agung (Kejagung) menjadwalkan pemeriksaan seorang pegawai Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam kasus korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah

02
|
25 April 2024 - 10:17
Bocah Temukan Mayat Wanita Membusuk di Dalam Rumah

WARTAPENANEWS.COM – Warga Kecamatan Cihara, Provinsi Banten dihebohkan penemuan sesosok mayat wanita di Kampung Barung Cayut, Desa Pondok Panjang, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak. Mayat yang ditemukan bocah sekitar pukul 13.00

03