29 April 2024 - 09:22 9:22

Prodi Fisioterapi Fakultas Vokasi UKI Kembali Lakukan Penyuluhan dan Pelatihan Manfaat Senam Otak bagi Lansia

Senam lansia.

IPOL.ID – Keberadaan Fakultas Vokasi UKI harus mempunyai dampak terhadap masyarakat sekitar, maka kembali Fakultas Vokasi mengadakan Pengadian kepada Masyarakat (PkM) yang merupakan salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dilakukan setiap civitas akademika pada masyarakat. Prodi Sarjana Terapan Fisioterapi Fakultas Vokasi Universitas Kristen Indonesia, kembali melakukan pengabdian pada masyarakat di Posyandu Cililitan Jakarta Timur pada hari Sabtu 17 Juni 2023.

Pengabdian kesehatan yang dilakukan berupa “Penyuluhan dan Pelatihan bagi Lansia dan Kader tentang Manfaaat Senam Gerak Diagonal Tiga Dimensi untuk Meningkatkan Kognisi”. Sasaran kegiatan ini para ibu-ibu yang memasuki usia pra lansia dan para kader di Posyandu Lansia RW 05 Cililitan Jakarta Timur.

Dalam sesi penyuluhan, Dosen Prodi Fisioterapi UKI, Rosintan M Napitupulu, AMdFt.,MKM mengatakan pada dasarnya, fungsi kognisi akan mengalami penurunan secara normal seiring dengan penambahan usia. Fungsi kognisi merupakan proses mental dalam memperoleh pengetahuan atau kemampuan serta kecerdasan yang meliputi cara berpikir, daya ingat, pengertian, perencanaan dan pelaksanaan.

Penurunan fungsi kognisi dapat dihambat dengan melakukan tindakan preventif. Salah satu tindakan preventif yang dapat dilakukan lansia yaitu dengan meningkatkan aktivitas fisik, terutama dengan latihan-latihan yang tepat dan teratur. Salah satu jenis latihan yang dapat dilakukan adalah Senam Gerakan Diagonal Tiga Dimensi.

Saat sesi pelatihan, Dosen Prodi Fisioterapi UKI, Novlinda Manurung SSt.Ft.,S.Ft.,M.M mengajarkan dan memberi contoh gerakan Senam Gerakan Diagonal Tiga Dimensi dapat dilakukan dalam posisi tidur, duduk dan berdiri. Saat pelatihan semua lansia dan kader mengikuti setiap gerakan yang diajarkan dibawah bimbingan tim PkM. Sesi terakhir para kader harus melakukan gerakan yang sudah di ajarkan. Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat kali ini, selain memberikan penyuluhan dan pelatihan senam, tim PkM pun memberikan beberapa barang yang dapat melatih kognisi para lansia yaitu berupa aktifitas mewarnai, menyusun puzzle, melukis dan permainan catur Jawa.

Melalui pengabdian ini, besar harapan peran kader posyandu dapat mengedukasi lebih banyak para lansia dengan mengimplementasikan gerakan senam serta melakukan aktifitas konsentrasi berupa mewarnai, melukis , menyusun puzzle dan mewarnai. (msb/ir)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 April 2024 - 13:12
Lokasi Bunuh Diri Brigadir Ridhal di Mampang Didatangi Keluarga

WARTAPENANEWS.COM – Keluarga Brigadir Ridhal, anggota Polresta Manado yang ditemukan tewas dengan luka tembak di dalam mobil Alphard di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, mendatangi lokasi kejadian peristiwa. Brigadir Ridhal diduga

01
|
27 April 2024 - 12:36
Bule Australia yang Aniaya Sopir Taksi di Bali Dibekuk

WARTAPENANEWS.COM – Maika James Folauhola (24), warga negara (WN) Australia, ditangkap terkait kasus penganiayaan terhadap sopir taksi bernama Putu Arsana. Penganiayaan tersebut terjadi di Jalan Area Central Parkir Kuta, Kuta,

02
|
27 April 2024 - 12:10
BMKG: Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem Masih Mengintai di Peralihan Musim

WARTAPENANEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem yang masih bisa mengintai di periode peralihan musim hujan ke kemarau. BMKG memonitor masih terjadinya hujan

03