6 May 2024 - 01:32 1:32

Program BSPS di Kabupaten Samosir Bantu Bedah 400 RTLH

WartaPenaNews, Sumut – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Sumatera II Direktorat Jenderal Perumahan bekerjasama dengan PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk melaksanakan serah terima buku tabungan kepada 400 warga yang menerima bantuan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Tahun Anggaran 2021 di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Total anggaran yang disalurkan senilai Rp8 miliar.

“Program BSPS merupakan salah satu program perumahan pemerintah yang langsung bersentuhan dan sangat membantu masyarakat yang saat ini tinggal di rumah tidak layak huni. Melalui penyaluran bantuan Program BSPS ini kami ingin meningkatkan kualitas RTLH agar lebih layak huni, sehat dan nyaman bagi masyarakat,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Jumát (11/6/2021) pekan lalu.

Khalawi menerangkan, Program BSPS pada dasarnya merupakan bantuan stimulant dari pemerintah yang disalurkan kepada masyarakat agar mereka bisa berswadaya dalam membangun rumahnya. Proses pembangunannya dilaksanakan secara berkelompok dan merata di seluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

“Melalui Program BSPS ini kami juga ingin Kembali mendorong semangat gotong royong antar masyarakat. Jadi nantinya warga penerima bantuan Program BSPS dibentuk kelompok-kelompok dengan pendampingan dari Tenaga Ahli Program BSPS sehingga mereka saling bantu membantu dalam pelaksanaan pembangunan di lapangan,” terangnya.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Sumatera II, Rusli didampingi Kepala Seksi Pelaksanaan Wilayah 1 Balai P2P Sumatera II, Bramantyo menambahkan, penyerahan buku tabungan merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Program BSPS yang dilakukan untuk mempermudah penyaluran dana ke para penerima bantuan. Dalam Program BSPS ini masyarakat dituntut untuk berperan aktif dalam pelaksanaan perbaikan rumahnya.

Pada kegiatan acara penyerahan buku tabungan Program BSPS tampak hadir Wakil Bupati Samosir, Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Samosir, PPK Rumah Swadaya dan RUK, Tenaga Ahli Aspirasi Komisi V DPR RI, Koordinator Kabupaten Samosir, dan Para Tenaga Fasilitator Lapangan yang turut terlibat dalam kegiatan Program BSPS.

“Tahun ini Kabupaten Samosir mendapatkan alokasi Program BSPS untuk 400 warga yang tinggal di RTLH. Pelaksanaan Program BSPS di Kabupaten Samosir dilaksanakan di empat kecamatan dan 11 desa.

Lebih lanjut, Rusli menambahkan, masing-masing penerima bantuan akan mendapatkan dana sebesar Rp 20 juta dengan rincian Rp 17,5 juta untuk pembelian material bangunan dan Rp 2,5 juta untuk upah tukang melalui dua tahapan. Adapun beberapa poin penting juga disampaikan bahwa dalam pelaksanaan di lapangan adalah masyarakat penerima bantuan tidak dipungut biaya apapun dan berhak menerima material bangunan dengan kualitas yang baik sesuai yang telah disepakati oleh toko material bangunan yang mereka tunjuk berdasarkan kesepakatan kelompok.

Sementara itu, Wakil Bupati Kabupaten Samosir, Martua Sitanggang, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian PUPR serta para pihak terkait yang telah membantu proses perbaikan RTLH di Kabupaten Samosir melalui program BSPS ini.

“Kami selaku pemerintah daerah juga akan ikut mengawasi kegiatan ini. Kami juga berharap dana bantuan yang diterima dapat digunakan dengan sebaik-baiknya untuk mengurangi jumlah RTLH di Kabupaten Samosir,” ujarnya. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
4 May 2024 - 12:14
Mal Rabinza di Lebak Hangus Terbakar

WARTAPENANEWS.COM – Kebakaran hebat terjadi di Mal Rangkasbitung Indah Plaza (Rabinza), Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, pada Sabtu (4/5/2024) dini hari. Informasi diperoleh, peristiwa itu terjadi pukul 00.25 WIB.

01
|
4 May 2024 - 11:13
Mayat Pria Ditemukan Tanpa Busana di Perumahan Sukabumi

WARTAPENANEWS.COM – Warga di Perumahan Frinanda, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, digegerkan dengan penemuan mayat pria dalam kondisi telanjang. Kejadian tragis tersebut terjadi di rumah blok B1 Nomor 1

02
|
4 May 2024 - 10:06
Exit Tol Jagorawi Arah Puncak Macet, Contraflow Diberlakukan di KM 44

WARTAPENANEWS.COM – Kemacetan terjadi di exit Tol Jagorawi arah Puncak pagi ini, Sabtu (4/5). Ini disebabkan wisatawan yang akan berlibur ke kawasan Puncak pada weekend. Informasi dari Jasa Marga, kemacetan

03