24 April 2024 - 04:44 4:44

PT KAI Alami Lonjakan Penumpang Jelang Libur Panjang

WartaPenaNews, Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta mengingatkan pada akhir Oktober 2020 ini jumlah penumpang akan terjadi peningkatan. Hal itu dikarenakan jumlah pemesanan tiket per tanggal 24 Oktober 2020 menunjukan angka tinggi.

“Untuk volume sementara dari 24 Oktober hingga Rabu 28 Oktober angka 7.679 penumpang yang melakukan pemesanan tiket. Tapi angka tersebut bisa berubah karena masih banyak penumpang yang melakukan pemesanan lewat online, ” kata Eva Chairunisa kepada awak media, Minggu 25 Oktober 2020.

Masih kata Eva, untuk kondisi jumlah penumpang rata-rata per hari, saat momen libur panjang tersebut bertambah 2 (dua) kali lipat, dibandingkan akhir pekan minggu lalu. Kata Eva, agar bisa mengakomodir kebutuhan pengguna jasa KA yang mengalami peningkatan, maka pada periode libur panjang ini akan terdapat sampai dengan 27 perjalanan KAJJ per hari yang akan berangkat dari area Daop 1 Jakarta.

“Nanti berangkat awal dari Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Jakartakota.Bertambahnya penumpang KA jelang libur panjang juga berdampak pada padatnya antrian rapid tes di stasiun.”terang Eva.

Kata Eva, dari data telah tercatat pada 24 dan 25 Oktober 2012 layanan rapid di Stasiun Pasar Senen dan Gambir rata-rata melayani hingga sekitar 1.100 calon penumpang yang melakukan tes rapid.

Untuk menghindari keterlambatan atau tertinggal KA, Penumpang dihimbau agar melakukan rapid tes H-1 sebelum jadwal keberangkatan bagi calon penumpang yang ingin memanfaatkan layanan rapid tes di stasiun.

“Calon penumpang diharapkan dapat mengatur waktu keberangkatannya dan menyiapkan rentang waktu yang cukup jika tetap akan melakukan rapid tes pada hari yang sama.”ujar Eva.

Eva juga menyarankan agar penumpang bisa datang 3 jam sebelum keberangkatan. Hal itu, kata Eva untuk menghindari resiko tertinggal KA mengingat antrian Rapid Tes di Stasiun cukup padat. “Rapid tes bagi calon penumpang KA tidak harus dilakukan di stasiun namun dapat juga dilakukan di klinik-klinik terdekat yang menyediakan fasilitas rapid tes.”tegas Eva.

Sementara, di area Daop 1 Jakarta, untuk layanan rapid tes bagi calon penumpang dilayani di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen dengan jam operasional pukul 07.00 WIB s.d 19.00 WIB serta biaya sebesar Rp85.000.

“Calon penumpang KA yang ingin melakukan rapid tes di stasiun harus memiliki kode booking tiket KAJJ yang telah terbayar lunas.”beber Eva. Eva menambahkan, Bagi calon penumpang yang kedapatan reaktif saat rapid tes tidak diperkenankan melakukan perjalanan KA dan tiket akan dilakukan pengembalian bea 100 peresen diluar bea pesan serta disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut.

Untuk ketentuan resrvasi tiket KA saat ini dapat dipesan mulai H-7 sebelum keberangkatan secara online melalui Aplikasi KAI Access atau channel eksternal yang telah bekerjasama. “Pelayanan tiket di loket stasiun hanya melayani penumpang goshow 30 menit sebelum KA berangkat.”jelas Eva

Selanjutnya, untuk informasi jadwal perjalanan KA secara lengkap dapat diketahui melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero) diantaranya aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan [email protected] dan Sosial media @keretaapikita @kai121_ (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03