21 April 2024 - 21:39 21:39

Pulau Simuk Nias Selatan Diserang Wabah Malaria

WARTAPENANEWS.COM –  Wabah penyakit malaria serang warga yang berada di Pulau Simuk, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara. Ada sebanyak 5 warga meninggal dunia dari 45 terdiagnosa yang telah dan sedang dalam perawatan tim medis.

Kepala Dinas Kesehatan, Henny Kurniawan Duha membenarkan peristiwa wabah malaria yang menyerang 45 orang warga Pulau Simuk tersebut.

“Jumlah keseluruhan di Simuk ada 45 orang terdiagnosa malaria secara pemeriksaan RDT/rapid diagnostik test, sampai tanggal 31 Maret 2024,” ujar Henny Kurniawan Duha saat dihubungi pada Senin (1/4/2024).

Henny menjelaskan bahwa jika dari total 45 tersebut ada yang di rawat di puskesmas dan rumah sakit setempat. Namun dari jumlah itu, ada 5 orang yang tidak bisa tertolong dan meninggal dunia.

“Yang meninggal dunia ada 5 orang terdiagnosa malaria, di antaranya ada 2 orang yang terduga malaria karena tidak ke fasyankes,” tuturnya.

Setelah dilakukan perawatan intens, sejauh ini sudah tidak ada lagi yang dirawat di puskesmas. “Yang dalam perawatan di Puskesmas tidak ada lagi, hanya berobat jalan dan menjalani obat malaria di rumah,” ungkapnya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03