13 May 2024 - 01:35 1:35

Ratusan Keping Koin Emas Peninggalan Abbasiyah Ditemukan di Israel

Ratusan Keping Koin Emas Peninggalan Abbasiyah Ditemukan di Israel

WartaPenaNews, Yavne – Sebuah tim arkeolog menemukan harta karun berupa koin emas di Kota Yavne, Israel tengah. Peneliti meyakini, koin berjumlah 425 keping itu adalah sisa peradaban Islam awal yang sebagian besar berasal dari periode Abbasiyah sekitar 1.100 tahun silam.

“Ini adalah penemuan sangat langka,” ucap kata arkeolog Israel Antiquities Authorities Liat Nadav-Ziv dan Elie Haddad di laman Euro News, Selasa (25/8).

Penggalian harta karun itu dilakukan sejumlah relawan muda selama beberapa hari terakhir. Selain koin emas, mereka juga menemukan ratusan kliping kecil dari koin emas yang akan berfungsi sebagai denominasi yang lebih kecil.

Koin emas kuno yang berasal dari Kekhalifahan Abbasiyah ditemukan di sebuah situs arkeologi dekat Tel Aviv di Israel tengah, Selasa (18/8). (Pool via REUTERS/Heidi Levine)

Robert Kool, seorang ahli koin dengan otoritas barang antik mengatakan, koin tersebut berasal dari akhir abad ke-9. Periode ini dianggap sebagai masa keemasan Kekhalifahan Abbasiyah yang menguasai sebagian besar wilayah timur dan Afrika Utara.

“Semoga studi tentang penimbunan akan memberi tahu kita lebih banyak tentang periode yang masih sangat sedikit kita ketahui,” kata Robert Kool.

Kota Yavne merupakan salah satu tempat penyimpanan koin kuno terbesar yang ditemukan di Israel. Pada 2015, penyelam amatir menemukan sekitar 2.000 koin emas di lepas pantai kota pelabuhan kuno Caesarea yang berasal dari periode Fatimiyah pada abad ke-10 dan ke-11. (wsa)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
11 May 2024 - 12:17
Ayah di Bekasi Pukul Anak Pakai Linggis hingga Tewas

WARTAPENANEWS.COM – Polres Metro Bekasi Kota menghentikan kasus seorang ayah berinisial N (61 tahun) yang memukul anak kandungnya sendiri berinisial C (35) hingga tewas menggunakan linggis. Kasatreskrim Polres Metro Bekasi

01
|
11 May 2024 - 11:16
1 Orang Tewas, 3 Rumah Rusak di Pasuruan akibat Bom Ikan Meledak

WARTAPENANEWS.COM – Bom ikan atau bondet meledak di sebuah gudang Jalan Hangtuah IX RT 006 RW 009 Kelurahan Ngemplakrejo, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan, Jumat (10/5) malam. Ledakan tersebut menewaskan satu

02
|
11 May 2024 - 10:13
Sopir Taksi di Bali Diringkus Usai Bawa Kabur Tas Berisi Uang Rp30 Juta

WARTAPENANEWS.COM – Oknum sopir taksi berinisial IKEP (40) diringkus di rumahnya di Jalan Imam Bonjol, Denpasar, karena membawa pulang tas milik penumpangnya yang tertinggal. Dalam tas milik WN Prancis berinisial

03