21 April 2024 - 21:43 21:43

Ratusan Pelaku Industri Digital Ikut Blockchain & Fintech Southeast Asia Summit 2018

WartaPenaNews, Jakarta – Sekitar tiga ratusan pelaku usaha berbasis teknologi digital mengikuti ajang Blockchain & Fintech Sooutheast Asia Summit 2019 yang berlangsung di Hotel JW Marriot Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (15/1).

Kegiatan tersebut diisi dengan seminar dan pemaparan berbagai hal yang berkaitan dengan Blockchain dan Fintech. Mereka juga berkesempatan berdiskusi dan saling tukar pengalaman terkait bisnis berbasis digital yang dijalankan.

Salah satu pembicara, Rusdi Rusdiah, Chairman ABDI dan Pakar Telekomunikasi dari Komitel mengatakan, Blockchain merupakan teknologi yang cocok digunakan untuk bisnis yang membutuhkan tingkat kepercayaan (trust) tinggi. Salah satunya adalah bisnis yang berkaitan dengan bidang keuangan.

“Sejauh ini Blockchain merupaka satu-satunya teknologi yang mampu menjawab kebutuhan perusahaan yang memerlukan tingkat kepecayaan tingkat tinggi seperti perbankan atau lembaga keuangan berbasis teknologi (fintech),” katanya.

Ke depan, lanjutnya, program ini akan menggantikan teknologi-teknologi yang sudah terlebih dahulu ada yang terutama digunakan oleh perusahan-perusahan yang memerlukan peran atau keterlibatan pelanggan.

“Blockchain cocok digunakan oleh perusahaan yang memerlukan keterbukaan data dan informasi bagi semua pihak baik perusahaan maupun pelanggan,” terangnya.

Hal senada juga disampaikan Founder & CEO Element, Sun Woo Chu. Menurutnya, kehadiran Blockchain akan menguntungkan pelanggan. Karena pelanggan dapat mengakses data yang dimiliki perusahaan, terutama yang berkaitan dengan pelanggan tersebut.

“Sekarang ini data-data mengenai pelanggannya hanya disimpan dan bisa diakses oleh perusahaan saja. Dangan Blockchain, semua pihak yang bersangkutan dengan data yang telah diinput akan dapat mengakses data tersebut,” terangnya.

Sementara itu, Executive Diractor Huobi Indonesia, Alex Wan mengungkapkan, saat ini Blockchain sudah mulai dilirik oleh pengusaha-pengusaha di tanah air. Dukungan dari pemerintah Indonesia sendiri sudah cukup baik.

“Kita yakin kehadiran Blockchain di Indonesia akan mendapat respon yang pesitif dari pelaku-pelaku usaha di Indonesia. Teknologi ini akan membantu mereka. Pemerintah Indonesia juga dapat memanfaatkan Blockchain untuk memperkuat hal-hal yang berkaitan dengan pengumpulan dan penguatan data yang dibutuhkan,” terangnya.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, pertumbuhan perusahan yang menggunakan teknologi Blockchain di suluruh dunia juga cukup pesat. Hal ini dikarenakan, program ini sangat membantu para pelaku usaha, konsumen dan juga pemerintah setempat.

“Kami yakin Blockchain akan manjadi toknologi yang paling diminati di tingkat global,” tandas Alex Wan.

Selain itu,Ceo Weber Zhuo dari finblock menjelaskan,inovasi teknologi dan aplikasi komersial dari blockchain mendorong transformasi Internet Informasi tradisional menjadi Internet Nilai. Mesin uap melepaskan produktivitas manusia, daya memecahkan kebutuhan dasar kehidupan manusia, Internet mengubah cara informasi ditransmisikan, dan blockchain, sebagai teknologi membangun kepercayaan, akan sepenuhnya mengubah cara nilai-nilai manusia ditransmisikan.

“Dengan inovasi terus menerus dari teknologi blockchain dan perluasan aplikasi komersial yang berkelanjutan, blockchain secara mendalam mempengaruhi transformasi, peningkatan dan rekayasa ulang nilai industri tradisional seperti keuangan, telekomunikasi, transportasi dan logistik, energi, kesehatan medis, hukum, dan manufaktur. Memainkan peran yang lebih penting dalam gelombang ekonomi digital masa depan,” terang dia.

Acara yang disponsori bersama oleh Huobi, Finblock, SEABA, EveryToken, GPE (Real Estate) serta sponsor lainnya seperti VCCT, dibuka bersama sama oleh Richard Ma, Ketua SEABA dan Steven Ketua Asosiasi Blockchain Indonesia. Acara berlangsung meriah dan dihadiri oleh perwakilan dari Keminfo dan juga dari IDX. (dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03