6 Februari 2023 - 10:15 10:15

Ratusan Pengungsi Semeru Tidur SDN 4 Supiturang

wartapenanews.com – Ratusan warga Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur terpaksa menginap di SDN 4 Supiturang setelah Gunung Semeru mengalami erupsi sejak Minggu (4/12/2022) pagi.

Ketua Desa Siaga Supiturang, Boiman mengatakan pihaknya mencatat jumlah pengungsi sebanyak 127 jiwa. Namun angka tersebut masih terus bertambah karena warga juga masih berdatangan.

“Pengungsi sementara ini butuh selimut dan alas tidur,” katanya, Minggu (4/12/2022) malam.

Para pengungsi kebanyakan adalah anak-anak serta para lansia dan perempuan. Sedangkan warga laki-laki dewasa memilih untuk bertahan di rumah tinggalnya sembari berjaga kawasan pemukimannya.

“Kita lari menyelamatkan diri. Kalau rumah masih aman kondisinya, tapi takut ada erupsi lagi,” ujar Munawaroh (32) salah seorang pengungsi di SDN 4 Supiturang.

Sebelumnya Gunung Semeru, Jawa Timur meletus dan mengeluarkan guguran awan panas hingga ketinggian 1,5 km pada Minggu (4/12/2022).

PVMBG pun menaikkan status Gunung Semeru dari semula Level Siaga menjadi Level Awas terhitung mulai pukul 12.00 WIB.

PVMBG mencatat ada erupsi disertai awan panas guguran yang terjadi di Gunung Semeru pada pukul 02.46 WIB dengan tinggi kolom erupsi mencapai 1.500 meter di atas puncak.

Sumber awan panas guguran berasal dari tumpukan material di ujung lidah lava yang berada sekitar 800 meter dari puncak (Kawah Jonggring Seloko).

Awan panas guguran tersebut berlangsung menerus dan hingga pukul 06.00 WIB jarak luncur telah mencapai 7 kilometer dari puncak ke arah Besuk Kobokan.

Sejak pukul 00.00 WIB sampai 06.00 WIB, aktivitas kegempaan terekam sebanyak delapan kali gempa letusan, satu kali gempa awan panas guguran. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

Presiden Rusia Vladimir Putin
Pasok Tank untuk Ukraina, Putin Ancam Jerman Pakai Nuklir
satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
film
Deretan Film Semi China Terbaik
satu 1
Viral, Siswa Teladan di SMA Kotamobagu Dianiaya hingga Babak Belur
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
satu 1
Harry Tanoe Mundur dari Dirut MNC Digital (MSIN)
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
6 Februari 2023 - 08:11
Pakistan Blokir Wikipedia karena Dianggap Memuat Konten Hujatan

wartapenanews.com - Otoritas Telekomunikasi Pakistan (PTA) telah memblokir Wikipedia setelah menurunkan akses ke situs web selama 48 jam karena konten yang dianggap tidak sopan dan mengarah ke bentuk hujatan. Juru

01
|
6 Februari 2023 - 07:28
BMKG: Cuaca Hari Ini di Jakarta Cerah Berawan

wartapenanews.com - BMKG kembali mengeluarkan prakiraan cuaca untuk wilayah DKI Jakarta pada hari ini, Senin (6/2). Jakarta diprediksi cerah berawan. Pada pagi hari, seluruh wilayah DKI Jakarta yakni di Jakarta

02
|
6 Februari 2023 - 07:02
Barcelona Hajar Sevilla, 3-0

wartapenanews.com - Barcelona mengalahkan Sevilla dalam laga lanjutan Liga Spanyol 2022/23 di Stadion Camp Nou, Senin (6/2) dini hari WIB. Skor akhir 3-0. Gol Barcelona dicetak oleh Jordi Alba di

03