29 March 2024 - 14:36 14:36

Reaksi Palestina Atas Berakhirnya Era Netanyahu

WartaPenaNews, Israel – Kekuasaan Benjamin Netanyahu sebagai perdana menteri Israel resmi berakhir setelah 12 tahun menduduki posisi tersebut. Politikus sayap kanan yang juga pemimpin Partai Yamina, Naftali Bennett (49) telah dilantik sebagai perdana menteri baru Israel menggantikan Netanyahu pada Minggu, 13 Juni 2021.

Bennett, yang merupakan rival politik Netanyahu, telah membentuk pemerintahan koalisi baru bersama pemimpin oposisi Yair Lapid. Bennett akan menjadi perdana menteri hingga September 2023 sebagai bagian dari kesepakatan pembagian kekuasaan dengan Yair Lapid, pemimpin sentris Yesh Atid, yang kemudian akan menggantikannya.

Palestina menyebut perubahan kepemimpinan Israel tidak akan mengubah kebijakan Israel di Timur Tengah. Pasalnya, Naftali Bennett, seorang nasional yang menyerukan aneksasi seluruh wilayah Tepi Barat yang diduduki.

Kantor Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, mengatakan bahwa pergantian pemerintahan tetap menjadi urusan Israel dan tuntutan Palestina tetap sama.

“Ini adalah urusan internal Israel. Posisi kami selalu jelas, yang kami inginkan adalah negara Palestina di perbatasan 1967 dengan Yerusalem sebagai ibu kotanya,” kata Juru Bicara Abbas, Nabil Abu Rudeineh, seperti dilansir dari Aljazeera, Senin 14 Juni 2021.

Palestina meyakini pemerintahan baru Israel sebagai kelanjutan dari pemerintahan sebelumnya.

Juru Bicara Hamas, Fawzi Barhoum, bersikeras bahwa tidak peduli warna pemerintahan baru, Israel “tetap menjadi entitas kolonial”.

“Terlepas dari bentuk pemerintahan di Israel, itu tidak akan mengubah cara kita memandang entitas Zionis. Ini adalah pendudukan dan entitas kolonial, yang harus kita lawan dengan kekuatan untuk mendapatkan kembali hak-hak kita,” kata dia.(mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03