28 February 2024 - 00:02 0:02

Rekrutmen Penyelenggara Pemilu, Ulama Aceh: Sogok-Menyogok Haram

wartapenanews.com –  Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh mengeluarkan fatwa tentang sistem rekrutmen tenaga penyelenggara dan pengawas pemilu menurut syariat Islam serta adat Aceh.

“Semoga fatwa yang dikeluarkan ini dapat menjadi pegangan bagi pihak penyelenggara pesta demokrasi,” kata Ketua MPU Aceh Tgk Faisal Ali, di Banda Aceh, Kamis (16/2/2023).

Tgk Faisal mengatakan, fatwa tersebut menghasilkan delapan poin dan lima poin tausiah. Hal ini diharapkan dapat menjadi pegangan terutama bagi pihak yang sedang melakukan rekrutmen.

“Baik di tingkat KIP, panwaslu dan juga hal-hal yang terkait pelaksanaan pemilu,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala Sekretariat MPU Aceh Zulkarnaini menyampaikan, fatwa tersebut mengamanahkan proses rekrutmen dapat sesuai dengan syarat dan ketentuan UU. Termasuk, peraturan lain untuk dipedomani serta dipatuhi oleh semua pihak.

Oleh karena itu, proses rekrutmen penyelenggara dan pengawas pemilu di Aceh harus memperhatikan prinsip syariat Islam dan adat Aceh. Hal ini antara lain meliputi aspek amanah, memiliki integritas moral tinggi, kapasitas dan kualifikasi yang dibutuhkan serta berani juga tegas dalam menegakkan kebenaran.

“Proses rekrutmen tenaga penyelenggara dan pengawas pemilu yang dilakukan melalui sogok-menyogok dalam bentuk apapun hukumnya haram,” kata Zulkarnaini.

Selanjutnya, adapun lima poin butir tausiah MPU Aceh yakni pemangku kepentingan bisa menciptakan ruang rekrutmen penyelenggara dan pengawas pemilu/pemilihan yang bebas dari politik uang dan intervensi.

Kemudian, tim panitia seleksi dan bawaslu diharapkan untuk mengedepankan integritas dalam proses rekrutmen pengawas nantinya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 February 2024 - 12:12
Ini Penyebab Sakit Kepala karena Sering Begadang

WARTAPENANEWS.COM  -  Terlalu asik mengerjakan sesuatu terkadang membuat Anda lupa waktu untuk beristirahat. Kerap kali waktu tidur di malam hari dimanfaatkan untuk begadang menyelesaikan beberapa pekerjaan atau sekadar asik berselancar

01
|
27 February 2024 - 11:08
Rumah Warga di Cilodong Kebakaran

WARTAPENANEWS.COM  - Sebuah rumah di Perumahan Taman Cimanggis Indah, Sukamaju, Cilodong, Kota Depok, kebakaran, pada Senin 26 Februari 2024, sekira pukul 23.55 WIB. Kasi Penyelamatan Dinasb Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan

02
|
27 February 2024 - 10:13
Pemkot Depok Tutup JPO di Taman SeCawan untuk Sementara

WARTAPENANEWS.COM  - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) menutup sementara jembatan penyebrangan orang (JPO) yang ada di Taman SeCawan Jalan Salak, Depok Jaya, Pancoran Mas,

03