20 April 2024 - 11:45 11:45

Rekrutmen Penyelenggara Pemilu, Ulama Aceh: Sogok-Menyogok Haram

wartapenanews.com –  Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh mengeluarkan fatwa tentang sistem rekrutmen tenaga penyelenggara dan pengawas pemilu menurut syariat Islam serta adat Aceh.

“Semoga fatwa yang dikeluarkan ini dapat menjadi pegangan bagi pihak penyelenggara pesta demokrasi,” kata Ketua MPU Aceh Tgk Faisal Ali, di Banda Aceh, Kamis (16/2/2023).

Tgk Faisal mengatakan, fatwa tersebut menghasilkan delapan poin dan lima poin tausiah. Hal ini diharapkan dapat menjadi pegangan terutama bagi pihak yang sedang melakukan rekrutmen.

“Baik di tingkat KIP, panwaslu dan juga hal-hal yang terkait pelaksanaan pemilu,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala Sekretariat MPU Aceh Zulkarnaini menyampaikan, fatwa tersebut mengamanahkan proses rekrutmen dapat sesuai dengan syarat dan ketentuan UU. Termasuk, peraturan lain untuk dipedomani serta dipatuhi oleh semua pihak.

Oleh karena itu, proses rekrutmen penyelenggara dan pengawas pemilu di Aceh harus memperhatikan prinsip syariat Islam dan adat Aceh. Hal ini antara lain meliputi aspek amanah, memiliki integritas moral tinggi, kapasitas dan kualifikasi yang dibutuhkan serta berani juga tegas dalam menegakkan kebenaran.

“Proses rekrutmen tenaga penyelenggara dan pengawas pemilu yang dilakukan melalui sogok-menyogok dalam bentuk apapun hukumnya haram,” kata Zulkarnaini.

Selanjutnya, adapun lima poin butir tausiah MPU Aceh yakni pemangku kepentingan bisa menciptakan ruang rekrutmen penyelenggara dan pengawas pemilu/pemilihan yang bebas dari politik uang dan intervensi.

Kemudian, tim panitia seleksi dan bawaslu diharapkan untuk mengedepankan integritas dalam proses rekrutmen pengawas nantinya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03