8 May 2024 - 12:09 12:09

Rencana Amerika Serikat Ambyar Usai Serangan Mendadak Hamas di Israel

WARTAPENANEWS.COM – Selama tiga tahun terakhir, pemerintahan Amerika Serikat pimpinan Joe Biden telah berusaha membatasi keterlibatannya di Timur Tengah dan fokus pada Tiongkok, sebagai bagian dari “porosnya ke Asia”. Namun semua rencana itu ternyata ambyar setelah peristiwa serangan mendadak Hamas ke Israel.

Pada tanggal 7 Oktober, kelompok perlawanan bersenjata Palestina Hamas melancarkan serangan yang mengejutkan Israel. Pejuangnya menyerbu instalasi militer dan pemukiman Israel, yang menyebabkan kematian sekitar 1.400 warga Israel.

Israel menanggapinya dengan melancarkan perang lagi di Gaza, memberlakukan blokade total dan tanpa henti mengebom bangunan dan infrastruktur sipil. Lebih dari 6.500 warga Palestina tewas akibat pemboman Israel, termasuk lebih dari 2.000 anak-anak.

Direktur Analisis Kebijakan di Pusat Penelitian dan Studi Kebijakan Arab Marwan Kabalan, mengungkapkans serangan Hamas tidak hanya mengubah jalur konflik Palestina-Israel, namun juga dinamika seluruh Timur Tengah. “Hal ini telah membuat strategi deeskalasi AS di kawasan menjadi kacau, menempatkan pemerintah Arab dan Iran dalam posisi yang sulit dan membuka pintu bagi keterlibatan lebih besar Tiongkok dan Rusia,” kata Marwan, mengutip Al Jazeera.

AS semula berharap dapat “meredakan” ketegangan di kawasan dengan memfasilitasi normalisasi hubungan antara Arab Saudi dan Israel dan mengurangi ketegangan dengan Iran. Mereka juga berharap untuk menantang pengaruh Tiongkok di kawasan ini dan meningkatkan pengaruh India dengan membangun koridor ekonomi yang akan menghubungkan India, Timur Tengah, dan Eropa.

Ia menambahkan, proyek yang diusulkan memiliki dua bagian: koridor timur, yang akan menghubungkan India dengan negara-negara Teluk Arab, dan koridor utara, yang akan menghubungkan negara-negara Teluk ke Eropa melalui Yordania dan Israel. Hal ini seharusnya menjadi respons AS terhadap Inisiatif Sabuk dan Jalan (BRI) Tiongkok.

Serangan Hamas secara tiba-tiba memupuskan rencana ini. Pertama, hal ini telah secara efektif membekukan proses normalisasi antara Israel dan Arab Saudi, sehingga menggagalkan tercapainya kesepakatan keamanan regional.

“Kedua, serangan-serangan tersebut juga memaksa AS untuk membalikkan kebijakan pengurangan kehadiran militernya di wilayah tersebut dengan memerintahkan penambahan kekuatan militer terbesar sejak perang melawan ISIS. Pentagon mengerahkan satu kapal induk di Mediterania Timur, sementara satu kapal induk lainnya telah dikirim ke Teluk,” katanya.

Mereka menyediakan lebih dari 100 pesawat dengan kemampuan serangan, serta kapal penjelajah, kapal perusak, dan kapal selam yang dilengkapi dengan rudal Tomahawk. Washington mengatakan bahwa penumpukan alutsista ini adalah untuk mencegah pihak ketiga membuka front lain melawan Israel.

Ketiga, upaya AS untuk meredakan ketegangan dengan Iran juga telah berakhir. Sebulan yang lalu, kedua negara mencapai kesepakatan mengenai pertukaran tahanan dan pelepasan aset Iran yang dibekukan senilai US$6 miliar. Kesepakatan itu diharapkan akan mendorong Iran untuk menahan milisinya di Suriah dan Irak agar tidak melancarkan serangan lebih lanjut terhadap pasukan AS.

Perkembangan selama seminggu terakhir menunjukkan bahwa pengaturan ini tidak dilaksanakan. Kelompok bersenjata pro-Iran di Suriah dan Irak telah melancarkan serangan terhadap pangkalan militer AS, melukai sejumlah personel AS. Para pejabat AS juga mengklaim bahwa pasukan AS di Laut Merah bagian utara telah mencegat drone dan rudal yang diluncurkan oleh Houthi di Yaman. Semua ini berarti AS berisiko terseret ke dalam perang regional lainnya di Timur Tengah. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
8 May 2024 - 10:12
Begini Pengakuan OB Klinik Kecantikan Richard Lee

WARTAPENANEWS.COM – Pada Jumat (26/4), dokter sekaligus influencer Richard Lee memviralkan pencurian yang terjadi di klinik kecantikan miliknya, Athena, yang berada di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar). Sembari menunjukkan rekaman

01
|
8 May 2024 - 09:36
Kepergok Mencuri, Maling Motor Ini Dihakimi Warga

WARTAPENANEWS.COM – Seorang pria berinisial MS (43) jadi bulan-bulanan warga karena diduga hendak mencuri motor di Jalan Baru Tumbuh, Kelurahan Tugu Selatan, Jakarta Utara, pada Senin (6/5) malam. "Telah diamankan

02
|
8 May 2024 - 09:11
Jabodetabek Hari Ini Diprediksi Berawan, Suhunya Capai 34 Derajat Celsius

WARTAPENANEWS.COM –  BMKG mengeluarkan prakiraan cuaca untuk wilayah Jabodetabek pada Rabu (8/5). Sebagian besar wilayah akan diprediksi berawan, tapi suhunya mencapai 34 derajat celsius. Di Jakarta, pagi ini cuaca diprediksi

03