29 March 2024 - 17:45 17:45

Resep Bikin Ketupat untuk Lebaran

WartaPenaNews, Jakarta  – Ketupat yang empuk, enak dan tahan lama memang nikmat dikonsumsi. Namun tidak semua orang dapat membuatnya sendiri di rumah. Lihat yuk cara membuat ketupat yang empuk, enak dan tahan lama serta lebih higenis tentunya!

Pernah bermasalah saat membuat ketupat seperti gagal dan mudah hancur? Hmm, mungkin cara membuat ketupat yang kamu lakukan kurang tepat. Sebelum itu, ketahui lebih lanjut tentang ketupat dan cara membuatnya yang lebih mudah yuk!

Bagi orang yang tiggal di wilayah Asia Tenggara, ketupat merupakan makanan yang tidak asing lagi, terlebih di saat Lebaran. Indonesia, Malaysia, Brunei, SIngapura dan Vietnam mempunyai ketupat dengan bentuk dan nama yang berbeda tentunya. Di Indonesia sendiri, ketupat tidak hanya disantap saat Lebaran.

Ketupat memang makanan yang dapat dinikmati dengan lauk bersantan. Hampir setiap rumah di Jawa dapat menganyam sendiri ketupat yang terbuat dari daun kelapa muda. Untuk menghasilkan ketupat yang padat dan empuk, anyaman ketupat harus rapat. Yuk, bikin sendiri ketupat yang enak dan empuk dengan mengikuti resep berikut!

Bahan:

1 kg beras (atau sesuai jumlah ketupat yang diinginkan dan pilihlah beras yang wangi seperti Rojolele, Pandan Wangi atau Mentik Spesial)

Air putih secukupnya

Garam dapur secukupnya

Daun pandan (beberapa helai)

Anyaman ketupat (dapat dibeli di pasar tradisional)

Cara Membuat:

Cucilah beras dengan air yang mengalir sampai bersih.

Rendam beras dalam wadah yang sudah diisi air baru.

Tambahkan garam dan aduk sampai rata.

Buang air bekas beras dan tiriskan beberapa menit.

Masukkan beras dan daun pandan yang yang sudah ditiriskan ke dalam anyaman ketupat.

Rebus air setengah mendidih lalu masukkan ketupat yang sudah diisi beras.

Pastikan seluruh badan ketupat terendam air.

Rebuslah ketupat selama 4 – 5 jam. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03