29 March 2024 - 17:10 17:10

Ribuan Nakes Demo di Pamekasan Tolak RUU Kesehatan

wartapenanews.com – Para tenaga kesehatan (nakes), dokter serta mahasiswa menggeruduk kawasan Patung Arjuna Wiwaha atau kerap disebut patung kuda di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (8/5/2023). Mereka berunjuk rasa secara damai menolak Rancangan Undang-Undang (RUU) Kesehatan.

Pengunjuk rasa yang berjumlah ribuan ini datang sejak pukul 07.30 wib mengenakan pakaian serba putih dan membawa spanduk. Terungkap, ada sebanyak lima organisasi profesi kesehatan serta mahasiswa yang turut dalam aksi demo tersebut.

Lima organisasi profesi tersebut yaitu Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), dan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI).

Aksi damai yang itu berlangsung atas dasar keprihatinan menyangkut pembahasan RUU Kesehatan yang dinilai terlalu terburu-buru dan tidak menguntungkan nakes di Indonesia.

Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Slamet Budiarto mengatakan, ada masalah besar yang harus diselesaikan pemerintah seiring berlangsungnya demo itu.

“Kalau tenaga kesehatan demo berarti ada masalah besar yang harus diselesaikan,” kata Slamet di kawasan patung kuda.

Kemudian Ketua Umum DPP Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Harif Fadhillah mengungkapkan sederet tuntutan PPNI.

Pertama, PPNI menolak pencabutan UU Nomor 38 tahun 2014 tentang Keperawatan di dalam pembahasan RUU Kesehatan. Menurut PPNI, mencabut UU Keperawatan sama dengan mencabut roh perawat.

Kedua, PPNI menolak substansi RUU Kesehatan. Alasannya, RUU tersebut ini membuat pelayanan keperawatan menjadi lebih baik.

Ketiga, menuntut pemerintah memberikan perlindungan terhadap hak-hak perawat Indonesia dan masyarakat.

“Aksi ini kami persembahkan kepada pasien atau masyarakat yang telah selamat dalam menghadapi COVID-19. Kita menolak lupa,” kata Harif. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03