20 April 2024 - 23:14 23:14

Ribuan Personel Amankan Kegiatan May Day

WartaPenaNews, Jakarta – Ribuan personel gabungan TNI- Polri melakukan apel gabungan terkait pengamamanan Hari Buruh di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu, 1 Mei 2021.

Apel pengamanan dipimpin langsung Karoops Polda Metro Jaya Kombes Marsudianto di Silang Monas, Jakarta Pusat.

Total ada 2.620 personel gabungan yang diturunkan menjaga peringatan hari buruh.
Baik dari Brimob, Reskrim, Sabhara, lalu lintas hingga K9.

Dalam amanatnya, Marsudianto meminta anggota untuk tetap humanis dan melakukan langkah pencegahan jika ada potensi gangguan keamanan.

Sementara Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menyebut, para buruh melakukan unjuk rasa dari pagi hingga sore.Terpusat di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Mahkamah Konstitusi (MK), dan kantor ILO, Jakarta Pusat.

“Kami sudah sampaikan imbauan seperti patuhi protokol kesehatan ada aturan perundang-undangan, kami akan tegas melakukan penindakan apabila melanggar protokol kesehatan,” kata Yusri.

Yusri mengatakan pihak organisasi buruh seperti Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mengajukan permintaan pelayanan rapid test antigen bagi peserta demo.Polda Metro Jaya memenuhi permintaan tersebut.

Sementara Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan setidaknya ada 1.000 buruh yang datang ke Jakarta.

Dia menyebut nantinya pihaknya melarang para buruh yang berada di Kawasan Patung Kuda untuk melakukan longmarch ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Nggak boleh (longmarch). Nanti hanya perwakilan saja kita upayakan mereka untuk melakukan aspirasi di lokasi ini,” kata Sambodo.

Menurut Sambodo, sejumlah perwakilan massa diketahui memang selain melakukan penyampaian aspirasi di Patung Kuda, beberapa perwakilan buruh nantinya juga akan melakukan audiensi di MK dan Kemenaker.

Untuk itu dia meminta kegiatan tersebut dilaksanakan oleh perwakilan buruh saja. Sambodo menegaskan pihaknya melarang para buruh melakukan kegiatan longmarch menuju Gedung MK.

Dia pun mengimbau para massa buruh untuk tetap mengikuti protokol kesehatan selama menyampaikan aspirasi di kawasan Patung Kuda.

“Kita mohon kerja samanya aksi ini berjalan tertib lancar,” pungkasnya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03