20 April 2024 - 02:57 2:57

Ribuan TKI dari Malaysia Diperkirakan Mudik ke Sumut

WartaPenaNews, Jakarta – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara memperkirakan ada ribuan lebih Tenaga Kerja Indonesia (TKI) bekerja di Malaysia akan pulang ke daerah masing-masing di Sumut atau mudik, karena aturan lockdown diterapkan oleh Pemerintah Negeri Jiran tersebut.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, mengungkapkan ribuan TKI itu akan memilih pulang ke kampung halaman melalui jalur tikus di Sumut. Jadinya, kawasan tersebut diakukan pengawasan ketat oleh tim yang sudah dibentuk oleh Pemprov Sumut.

“Sudah kita siapkan khususnya (TKI) dari negeri jiran Malaysia. Kita tahu 4.646 TKI saat ini melalui pintu-pintu tikus,” ucap Edy kepada wartawan di Kota Medan, Selasa (31/3/2020).

Mantan Ketua Umum PSSI itu menjelaskan, pihak akan melakukan pemeriksaan kesehatan TKI dari Malaysia ke Sumut. Ia menyebut sudah ada lima kabupaten di Sumut yang telah menyiapkan alat tes cepat.

Baca Juga: Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Covid-19 Tanpa Gejala

“Ada lima kabupaten yang sudah kami siapkan dan kita fasilitasi dengan rapid test. Kita lakukan tes awal kepada saudara-saudara yang bekerja di luar (Malaysia),” kata Edy.

Edy menjelaskan, jika dari hasil pemeriksaan kesehatan ditemukan indikasi terjangkit covid-19, pihaknya sudah ada tindakan yang disiapkan yakni dengan merujuk ke rumah sakit. “Sampai kita siapkan nanti isolasinya di Medan ini,” ucap Edy.

Mantan Pangkostrad itu mengimbau masyarakat di Sumut untuk selalu menerapkan protokol kesehatan yang diterapkan oleh Pemerintah. Kemudian, menghindari tempat keramaian dan selalu menjalani physical distancing di tengah wabah corona.

“Kalau harus keluar lakukan tadi ya, jauhi keramaian, menjaga kebersihan membersihkan tangan. Lalu, membersihkan pakaian sebelum kumpul kembali kepada keluarga. Lakukan ini kalau kita bersama-sama, mampu kita mengatasi wabah yang mengerikan ini,” kata Edy. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03