19 April 2024 - 23:20 23:20

Ribuan Warga Israel Demo Menentang Pemerintahan Netanyahu

wartapenanews.com –  Setidaknya 20.000 orang berunjuk rasa pada akhir pekan kemarin di pusat Kota Tel Aviv, Israel, menentang pemerintahan baru Perdana Menteri Benjamin Netanyahu yang berhaluan kanan-keras. Menurut para kritikus, pemerintahan baru itu mengancam demokrasi Israel.

Mengutip AFP, Minggu (15/1/2023), para pengunjuk rasa berdemo di bawah guyuran hujan deras, membawa poster-poster bertuliskan slogan-slogan yang mengecam, seperti ‘Pemerintahan yang Memalukan’ dan ‘Turunkan Diktator’.

Polisi Israel memperkirakan 20.000 orang mengikuti aksi tersebut, menurut radio publik. Sementara koordinator aksi mengatakan ada ‘puluhan ribu’ pengunjuk rasa.

Demonstrasi ini adalah yang terbesar sejak pemerintahan baru Netanyahu yang mengambil tampuk kekuasaan pada akhir Desember di Israel, negara berpenduduk lebih dari 9 juta orang.

Media lokal melaporkan bahwa unjuk rasa lainnya diadakan di luar kediaman perdana menteri di Yerusalem dan di Kota Haifa di sebelah utara.

Netanyahu, yang pernah menjadi perdana menteri terlama Israel, kembali berkuasa sebagai pemimpin koalisi yang beranggotakan partai-partai Yahudi ekstrem kanan dan ultra-Ortodoks. Sebagian pejabat partai-partai itu sekarang mengepalai kementerian-kementerian utama.

Para pengunjuk rasa menyerukan Netanyahu, yang sedang menghadapi dakwaan korupsi di pengadilan, untuk mengundurkan diri.

Netanyahu adalah PM Israel pertama yang didakwa saat menjabat. Dia menyangkal tuduhan penyuapan, penipuan, dan pelanggaran kepercayaan yang dijatuhkan terhadapnya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03