24 April 2024 - 08:51 8:51

RS Darurat Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran Berkapasitas 22 Ribu Pasien

Jakarta, WartaPenaNews – Kementerian Pekerjaan dan Perumahan Rakyat (PUPR) memperkirakan Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran Jakarta dapat menampung sekitar 22 ribu pasien. PUPR juga akan mempersiapkan tambahan tiga tower lain yang ada jika jumlah pasien penderita Covid-19 bertambah.

“Total kapasitas daya tampung pasien di tower 6 dan 7 adalah sekitar 22.000 pasien,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono didampingi Direktur Jenderal Perumahan Khalawi Abdul Hamid kepada sejumlah wartawam di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/3/2020).

Meskipun demikian, Basuki mendoakan agar seluruh pasien penderita Covid-19 tidak bertambah jumlahnya. “Kita semua berdoa agar ruangan yang tersedia di RS Darurat Covid-19 ini tidak sampai penuh dan seluruh warga Indonesia bisa kembali sehat semua,” katanya.

Menteri Basuki menambahkan, pihaknya juga akan mengambil langkah antipasi jika dirasa jumlah ruangan yang tersedia saat ini masih kurang. Salah satunya dengan mengupayakan pemanfaatan tiga tower lagi yang tersedia di Blok D10 Wisma Atlet Kemayoran.

“Tiga tower lainnya juga sudah kita siapkan juga jika memang jumlah pasiennya terus bertambah. Sehingga seluruh tower yang ada bisa di pakai semua menjadi RS Darurat Covid-19,” tandasnya.

Pihaknya juga kata Basuki, mendukung pembangunan RS Darurat Covid-19 setidaknya telah melakukan tiga komponen pekerjaan. Pertama adalah membersihkan semua sudut ruangan yang ada karena bangunan ini sudah lama tidak digunakan setelah Asian Games 2018.

Kedua, menyemprot ruangan baik di bagian luar maupun di dalam ruangan dengan desinfektan. Kemudian pekerjaan yang ketiga adalah memperbaiki ruangan yang dibutuhkan bagi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

“Sebelumnya banyak ruangan di sini yang tidak ada sekatnya. Beberapa ruangan yang sebelumnya terkotak-kotak juga di jebol agar ruangan yang ada memenuhi kebutuhan tim paramedis seperti ruang radiologi, laboratorium dan farmasi serta ICU,” terangnya.

Seluruh ruangan tersebut berada di lantai 1 dan diupayakan agar jalur mobilisasi antara pasien dan petugas juga terpisah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sebagai informasi, tower 7 dan tower 6 di Wisma Atlet Kemayoran akan di pakai menjadi rumah sakit. Di tower 7 untuk lantai 1,2 dan 3 akan berisi peralatan medis untuk rumah sakit daruratnya. Sedangkan lantai 4 sampai lantai 32 untuk ruang rawat inap pasien Covid-19.

Untuk tower 6 mulai lantai 1 sampai lantai 24 akan dimanfaatkan sepenuhnya sebagai ruang perawatan pasien. Untuk tower 1 akan digunakan untuk petugas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Tower 3 untuk petugas paramedis seperti dokter dan perawat serta petugas pendukung lainnya.

Hal ini dilakukan Kementerian PUPR sebagai bentuk sinergi dengan berbagai Kementerian / Lembaga pemerintah dalam upaya penanganan Covid -19. Namun demikian, komando utama berasal dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 serta Panglima TNI.

“Jadi tim paramedia yang bertugas nantinya juga dikomandoi oleh TNI/Polri, Kemenkes dan para relawan. Semuanya bekerja bersama. Kalau peralatan semua dari Kementerian BUMN dan RNI termasuk bangunan infrastruktur lain yang ada di Wisma Atlet Kemayoran. Untuk biaya kita nomorduakan. Yang penting infrastruktur di RS Darurat Covid-19 tersedia dengan baik,” katanya.

Berdasarkan informasi dari Kementerian Keuangan, imbuh Basuki, semua DIPA di Kementerian PUPR bisa dimanfaatkan untuk penanganan Covid-19 guna menyelamatkan nyawa Warga Negara Indonesia dari wabah virus corona.

“Sudah ada Inpresnya untuk kita merevisi alokasi anggaran yang tersedia di Kementerian PUPR untuk untuk membantu penanganan Covid-19,” katanya. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03