18 April 2024 - 14:13 14:13

Saat Acara Wisuda Akademi AU di Colorado, Joe Biden Tersandung dan Terjatuh

Saat Acara Wisuda Akademi AU di Colorado, Joe Biden Tersandung dan Terjatuh

wartapenanews.com –  Presiden AS Joe Biden tersandung dan jatuh saat membagikan ijazah pada upacara wisuda Akademi Angkatan Udara AS di Colorado, Kamis (1/6).

Biden yang berusia 80 tahun itu terlihat dibantu oleh pejabat Angkatan Udara dan berjalan kembali ke kursinya. Sebelum jatuh, Biden berdiri sekitar satu setengah jam untuk berjabat tangan dengan 921 taruna yang lulus.

Direktur komunikasi Gedung Putih, Ben LaBolt, mengatakan “dia baik-baik saja”. “Ada karung pasir di atas panggung saat dia berjabat tangan,” tulis Ben LaBolt di Twitter setelah jatuh dikuti dari BBC.

Sebuah laporan pers Gedung Putih juga sebelumnya mengatakan bahwa Biden tersandung karung pasir hitam saat bergerak di atas panggung.

Rekaman insiden tersebut menunjukkan bahwa Biden tampak menunjuk ke karung pasir saat dia bangkit kembali.

Dia terlihat berlari kembali ke iring-iringan mobilnya, tampaknya tidak terluka, saat upacara berakhir tak lama setelah kecelakaan itu.

Wartawan kolam itu menambahkan, presiden tidak menjawab pertanyaan saat kembali ke pesawatnya. Sekretaris Pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre mengatakan Biden merasa “benar-benar baik-baik saja” dan naik ke pesawat dengan “senyum lebar”.

Para kritikus mengatakan Biden terlalu tua untuk mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua sebagai presiden.

Jajak pendapat baru-baru ini menunjukkan mayoritas pemilih AS mengkhawatirkan usianya yang lanjut. Dia akan berusia 82 tahun pada awal masa jabatan kedua jika dia menang.

Musim gugur ini, selain tersandung sebelumnya dari sepedanya dan saat menaiki tangga Air Force One, dapat menambah kekhawatiran tersebut.

Mantan Presiden Donald Trump, kandidat Partai Republik untuk menghadapi Biden dalam pemilihan Gedung Putih 2024, bereaksi terhadap insiden tersebut dari acara kampanye di Iowa, dengan mengatakan “semuanya gila”.

“Saya harap dia tidak terluka,” kata Trump, 76, yang sering mengolok-olok usia Biden. “Itu tidak menginspirasi.”

“Anda harus berhati-hati tentang hal itu karena Anda tidak-Anda tidak menginginkannya. Bahkan jika Anda harus berjinjit,” tambah Trump, tampaknya merujuk pada langkahnya yang berhati-hati dari panggung yang menjadi berita utama, pada tahun 2020.

Dia mengatakan pada saat itu jalan di Akademi Militer AS di West Point, New York, licin, dan menepis pertanyaan media berikutnya tentang kesehatannya sendiri sebagai berita palsu.

Dokter Gedung Putih Dr Kevin O’Connor menulis pada saat itu: “Presiden tetap fit untuk bertugas, dan sepenuhnya melaksanakan semua tanggung jawabnya tanpa pengecualian atau akomodasi apa pun.” (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03