21 June 2024 - 07:25 7:25

Saat Berwisata di Afghanistan, Tiga Turis Spanyol Tewas Dibunuh

WARTAPENANEWS.COM – Sebanyak tiga turis Spanyol tewas terbunuh dan seorang lainnya terluka di Provinsi Bamyan, Afghanistan. Mereka diserang oleh kelompok bersenjata.

Menurut jubir Kemendagri Afghanistan Abdul Mateen pada Jumat (17/5), korban jiwa serangan di Bamyan terdiri dari tiga warga Spanyol dan satu warga Afghanistan.

Mateen menyebut, aparat keamanan di Afghanistan telah menangkap empat orang terkait serangan di Bamyan itu.

Atas penembakan tersebut, Kemlu Spanyol mengirimkan unit darurat konsuler untuk membantu korban dan keluarganya.

Penembakan itu juga menjadi perhatian Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez. Dia mengaku terkejut atas terbunuhnya turis asal negaranya di Afghanistan.

Sanchez mengaku sampai sekarang belum mengetahui motif serangan yang menargetkan warganya itu. Demikian dikutip dari Reuters.

Lokasi kejadian serangan yaitu daerah pegunungan Bamyan adalah situs warisan dunia UNESCO. Terdapat dua patung Buddha raksasa di sana. Akan tetapi patung-patung itu sempat diledakkan Taliban pada 2001 lalu.

Sementara itu, sejak kembali berkuasa di Afghanistan Taliban berjanji akan memulihkan keamanan dan mengizinkan akses wisata ke berbagai tempat wisata, termasuk Bamyan. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
21 June 2024 - 06:37
BMKG: Sejumlah Wilayah di Indonesia Masih Berpotensi Hujan Lebat hingga 27 Juni

WARTAPENANEWS.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat sepekan ke depan atau periode 21 hingga 27 Juni 2024 mendatang. “Pada bulan Juni 2024 sebagian

01
|
21 June 2024 - 06:12
Penggunaan Antivirus Kaspersky Dilarang di Negara Ini

WARTAPENANEWS.COM – Departemen Perdagangan AS pada Kamis (20/6/2024) mengeluarkan larangan penggunaan perangkat lunak (software) buatan perusahaan keamanan multinasional Rusia, Kaspersky Lab, di wilayah Amerika Serikat. Pada Kamis, Departemen Perdagangan AS

02
|
21 June 2024 - 05:31
Longsor Terjang Polewali Mandar

WARTAPENANEWS.COM – Curah hujan tinggi dalam durasi kurang lebih tiga jam memicu terjadinya tanah longsor di wilayah Kecamatan Tu'ubi Taramanu, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Rabu (12/6). "Hasil kaji cepat

03