26 April 2024 - 01:03 1:03

Sel Kekebalan Tubuh Dipakai untuk Lawan Virus Corona

WartaPenaNews, Jakarta – Sel kekebalan tubuh dipakai untuk melawan Virus Corona? Kenapa tidak. Sejumlah ilmuwan Inggris sedang menguji jenis perawatan yang diharapkan bisa melawan pandemi Virus Corona COVID-19 yang diidap pasien-pasien paling parah.

Langkah ini dilakukan setelah para peneliti dari Francis Crick Institute, King`s College London, dan Guy`s and St Thomas` Hospital mengkaji sel-sel kekebalan tubuh dari 60 pasien COVID-19.

Dari kajian itu diketahui, pasien-pasien yang sakit parah memiliki sel kekebalan tubuh yang jumlahnya sangat rendah. Sel kekebalan tubuh itu bernama Sel T, yang fungsinya membersihkan infeksi dari dalam tubuh.

Saat diteliti, pasien-pasien Covid-19 memilki 200-1.200 Sel T dalam satu mikroliter (0,001 ml) tetes darah. Padahal, orang dewasa yang sehat punya sekitar 2.000-4.000 Sel T dalam satu mikroliter tetes darah.

Profesor Adrian Hayday dari Crick Institute mengatakan “luar biasa terkejut” ketika melihat apa yang terjadi dengan sel-sel kekebalan tubuh para pasien positif Virus Corona COVID-19.

“Mereka berupaya melindungi, namun virus itu tampaknya melakukan sesuatu yang menutupi mereka, karena jumahnya menurun secara dramatis,” katanya.

Setelah fakta tersebut terungkap, para peneliti akan melakukan uji klinis guna mengevaluasi kinerja obat interleukin 7, yang dikenal sebagai pendongkrak jumlah Sel T, terhadap pemulihan pasien COVID-19.

Para ilmuwan mengatakan virus Covid-19 , sebagaimana yang ditampilkan pada foto ini tampaknya mengurangi tingkat Sel T pada pasien-pasien Covid-19.
Para peneliti mengatakan temuan-temuan ini menuntun mereka untuk mengembangkan ‘tes sidik jari’ guna memeriksa taraf Sel T dalam darah, sehingga ada indikasi awal pasien mana yang kondisinya bakal parah.

Tes ini juga bisa memungkinkan tim dokter memberikan penanganan spesifik guna membalikkan penurunan Sel T.

Manu Shankar-Hari, seorang konsultan perawatan kritis di Rumah Sakit Guy`s and St Thomas` di London, mengatakan sekitar 70 persen pasien Virus Corona yang dicermatinya yang datang ke rumah sakit dengan 400-800 limfosit per mikroliter.

“Ketika mereka mulai pulih, taraf limfosit mereka juga mulai naik,” katanya. Obat Interleukin 7 telah diuji pada sekelompok pasien dengan sepsis dan terbukti meningkatkan produksi Sel T secara aman. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 April 2024 - 12:38
Ganjar Tolak Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran

WARTAPENANEWS.COM – Usai gelaran Pilpres 2024 ini, Ganjar Pranowo kembali menegaskan dirinya berada di luar pemerintahan. Sikap ini, bukan berarti dia tak hormat pada pemenang pilpres, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

01
|
25 April 2024 - 11:14
Pegawai Kementerian ESDM Diperiksa Kejagung Terkait Kasus Korupsi Timah

WARTAPENANEWS.COM – Kejaksaan Agung (Kejagung) menjadwalkan pemeriksaan seorang pegawai Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam kasus korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah

02
|
25 April 2024 - 10:17
Bocah Temukan Mayat Wanita Membusuk di Dalam Rumah

WARTAPENANEWS.COM – Warga Kecamatan Cihara, Provinsi Banten dihebohkan penemuan sesosok mayat wanita di Kampung Barung Cayut, Desa Pondok Panjang, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak. Mayat yang ditemukan bocah sekitar pukul 13.00

03