29 March 2024 - 04:15 4:15

Selain China, Ini Daftar Negara yang Terjangkit Virus Corona

WartaPenaNews, Jakarta – Sebuah virus baru yang disebut-sebut mirip dengan SARS, telah merenggut 17 nyawa sejak pertama kali terdeteksi pada 31 Desember 2019. Virus misterius ini mulanya diidentifikasi di sebuah pasar di kota Wuhan, China.

Namun, tak lama kemudian virus tersebut telah mewabah dan menjangkiti ratusan orang. Bahkan menyebar ke berbagai negara. Berikut daftar negara yang sejauh ini telah mengonfirmasi penyebaran virus tersebut, seperti dilansir Straits Times, Jumat (24/1/2020).

China
Hingga Kamis, lebih dari 570 orang telah terinfeksi di beberapa negara bagian China. Namun, sebagian besar terjadi di kota Wuhan. Ilmuwan Hong Kong dan Inggris memperkirakan ada sekitar 1.300 hingga 1.700 orang di kota itu yang mungkin telah terinfeksi.

Macau
Pusat perjudian yang sangat populer di kalangan wisatawan China daratan, telah mengonfirmasi dua kasus. Pertama adalah seorang pengusaha wanita berusia 52 tahun dari Wuhan yang tiba di Macau dengan kereta api cepat pada Minggu, melalui kota tetangga Zhuhai.

Hong Kong
Hingga Kamis, dua orang dinyatakan positif di Hong Kong. Keduanya diketahui baru mengunjungi kota Wuhan dalam beberapa hari terakhir dan kini sedang dirawat di bangsal isolasi di rumah sakit.

Jepang
Pada 16 Januari, Kementerian Kesehatan Jepang mengonfirmasi kasus pertamanya yakni seorang pria yang telah mengunjungi Wuhan dan dirawat di rumah sakit pada 10 Januari, empat hari setelah kepulangannya ke Jepang.

Singapura
Singapura pada Kamis, 23 Januari, mengonfirmasi kasus pertamanya yaitu seorang pria berusia 66 tahun dari Wuhan yang tiba di Singapura bersama keluarganya pada Senin, 20 Januari.

Korea Selatan
Korea Selatan melaporkan kasus pertamanya pada 20 Januari, yakni seorang wanita 35 tahun yang terbang dari Wuhan.

Taiwan
Pada 22 Januari, pihak berwenang Taiwan mengonfirmasi kasus pertama. Seorang wanita Taiwan berusia lima puluhan yang tinggal di Wuhan dan kembali ke Taiwan pada Senin awal pekan ini, mengalami gejala seperti demam, batuk, dan sakit tenggorokan.

Thailand
Thailand telah mendeteksi dua kasus. Seorang wanita China berusia 74 tahun yang dirawat di rumah sakit setelah mengalami gejala di bandara terbesar Thailand Suvarnabhumi pada 13 Januari. Sebelumnya pada 8 Januari, seorang pelancong Tiongkok didiagnosis menderita pneumonia ringan yang kemudian dikonfirmasi disebabkan oleh virus corona.

Amerika Serikat
Pada 21 Januari, Amerika Serikat mengumumkan kasus pertamanya. Seorang pria berusia 30-an yang tinggal di dekat Seattle. Para pejabat mengatakan dia dalam kondisi baik dan mendekati pihak berwenang sendiri setelah membaca tentang virus dalam laporan berita.

Vietnam
Sejauh ini dua kasus telah dikonfirmasi di Vietnam yaitu seorang pria China yang tinggal di Kota Ho Chi Minh, yang terinfeksi dari ayahnya yang melakukan perjalanan ke Vietnam pada 13 Januari dari kota Wuhan di China. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03