20 May 2024 - 00:37 0:37

Selandia Baru Hukum Berat Pelaku Penembakan di Christchurch

WartaPenaNews, Jakarta – Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern menyatakan, pelaku teror penembakan di Christchurch, Brenton Tarrant (28), bakal dihukum berat. Bahkan, aparat bakal mengusut mengapa lelaki Australia itu bisa melakukan aksi teror di negaranya.

“Dia akan menghadapi seluruh kekuatan hukum di Selandia Baru,” kata Ardern, Selasa (19/3).

Ketika berpidato di hadapan parlemen, Ardern membukanya dengan mengucapkan kalimat salam. Dia menyatakan, akan memperketat aturan kepemilikan dan penggunaan senjata, terutama jenis semi otomatis.

“Dia adalah teroris. Dia penjahat. Dia ekstremis. Namun dia akan tidak punya nama ketika saya bicara. Ucapkan mereka yang meninggal ketimbang orang yang membunuhnya. Aksi terornya berdampak pada banyak hal, itu makanya kalian tidak akan pernah mendengar saya mengucapkan namanya,” kata Ardern.

Menurut Ardern, pihaknya akan mengusut bagaimana Tarrant, yang merupakan penganut ideologi supremasi kulit putih, bisa merencanakan dan beraksi di Selandia Baru tanpa diketahui aparat keamanan.

“Pelaku aksi itu bukan dari sini. Dia tidak dibesarkan di sini. Dia tidak menemukan ideologinya di sini. Namun, itu bukan berarti pandangan yang sama tidak hidup di sini,” ujar Ardern.

Aksi teror yang dilakukan Tarrant terjadi di dua masjid di Kota Christchurch pada 15 Maret 2019. Yakni Masjid Al Noor dan Masjid Linwood. Tarrant merekam perbuatannya dan disiarkan langsung melalui akun Facebook-nya.

Insiden terjadi ketika umat Islam setempat sedang bersiap untuk melaksanakan salat Jumat. Jumlah korban meninggal akibat peristiwa itu mencapai 50 orang.

Korban luka dalam kejadian itu juga mencapai 50 orang. Salah satu korban meninggal adalah warga Indonesia, mendiang Lilik Abdul Hamid. Sedangkan WNI yang menjadi korban luka adalah Zulfirmansyah dan anaknya.

Setelah peristiwa itu terjadi, kepolisian Selandia Baru menangkap empat orang, terdiri dari tiga lelaki dan seorang perempuan. Namun, baru Tarrant yang dijerat dengan dakwaan pembunuhan dan disidangkan. (*/cnn/dbs)

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
18 May 2024 - 12:19
Sosok Ayah Pacar Vina Cirebon Ternyata Seorang Perwira Polisi

WARTAPENANEWS.COM –  Ternyata sosok ayah pacar Vina Cirebon yang tewas dibunuh seorang Perwira Polisi. Diketahui, kasus Vina kembali jadi perhatian masyarakat setelah diangkat ke layar lebar pada 2024 dengan judul

01
|
18 May 2024 - 11:17
Gegara Perang Gaza, Ada Perpecahan Dalam Kabinet Israel

WARTAPENANEWS.COM –  Satu demi satu perpecahan dalam kabinet Israel terkait perang di Gaza mulai terungkap. Menteri Pertahanan Yoav Gallant secara terbuka menuntut strategi yang jelas dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu,

02
|
18 May 2024 - 10:15
Pejabat Kemenhub yang Buat Sumpah Sambil Injak Al-Quran, Dilaporkan ke Polisi

WARTAPENANEWS.COM – Pejabat Kementerian Perhubungan bernama Asep Kosasih dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan penistaan agama. Laporan itu dibuat berdasarkan sebuah video viral yang menampilkan Asep sedang melakukan sumpah

03