Semanis Cokelat, Bisnis Tiga Sahabat

oleh -
Ki-ka : Tiga sahabat Susy, Rina dan Tarti, hadirkan cokelat lokal premium dengan harga ekonomis. Foto: Istimewa

WartaPenaNews, Jakarta – Berawal sebagai penikmat cokelat, ide bisnispun hadir dari buah pemikiran tiga sahabat yang merupakan ibu rumah tangga, Tarti, Susy dan Rina.

Tanah Laut merupakan brand cokelat lokal premium, racikan tiga sahabat sekaligus Chocolatier. Menggunakan bahan-bahan alami pilihan, dengan produksi made by order. Dipasarkan secara online menyasar ke berbagai komunitas. Buah manis usaha mereka mulai diperhitungkan oleh penikmat cokelat dan staken holder.

Biji cocoa dari single origin terbaik asal Pandeglang – Banten, menjadi satu, dari enam single origin biji cacao asal Indonesia, yang dikirim ke ajang Cocoa of Excellence Programme International Cocoa Awards 2021, di Roma – Italia.

“Selain penikmat cokelat, kami mengenal petani cokelat di daerah Pandeglang – Banten dan tergerak untuk membantu perekonomian mereka. Kedua hal tersebut kemudian memunculkan ide untuk mengolah biji cocoa menjadi beragam produk istimewa.

Faktor lain, kualitas biji cacao Indonesia merupakan yang terbaik nomer 3 di dunia, serta menjadi negara produsen biji cacao No. 5 terbesar dunia!
Nah, dengan banyaknya potensi tersebut membuat kami bertiga memiliki banyak obsesi untuk kemajuan cokelat asal Indonesia, “ujar Tarti optimis.

Cokelat, Sahabat di Masa Pandemi

Walau diapresiasi, Susy menyesalkan, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengenal produk cokelat dengan baik. Konsumsi cokelat yang tinggi gula, tapi minim kandungan cokelat, lalu menghadirkan stigma, bahwa cokelat itu merusak kesehatan!

“Produk olahan biji cacao yang berkualitas, jika diformulasi dengan benar, menggunakan bahan tambahan alami, justru menghadirkan beragam manfaat untuk kesehatan!
Bagi chocolate Addict, menjelajahi aroma cokelat mampu menghadirkan sensasi menyenangkan, rilex dan nyaman! Ideal menghilangkan stress di masa pandemi!
Nah, Tanah Laut, brand cokelat lokal yang akan mengambil peran tersebut.”

“Obsesi kami, selain mengembangkan produksi dengan menambah mesin, dan memperbanyak varian, juga memberi edukasi ke petani cokelat dan masyarakat luas.
Saat ini petani cokelat perlu dimotivasi bahwa cokelat merupakan komoditi yang menjanjikan. Kami juga meminta pemerintah untuk peduli dan mau membantu peremajaan pohon-pohon cokelat di Pandeglang.

Kandungan flavonol di dalam produk cokelat mampu memberikan manfaat lebih selama pandemi. Foto: Istimewa

Untuk menarik minat masyarakat akan cokelat premium yang sehat dan lezat, beragam produk cokelat Tanah Laut kami hadirkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Harganya pun sangat ekonomis, “tutur Rina menambahkan.

Di akhir wawancara, Tarti berbagi tips cara tepat menikmati cokelat.
“Biasakan untuk menghirup aroma cokelat secara perlahan, kemudian digigit dan dikunyah, atau bisa pula dihisap perlahan. Jangan mengunyah terburu-buru, sungguh menjadi petualangan kuliner yang seru kan?.

Tertarik untuk merasakan cokelat kebanggaan Indonesia? Cari tahu di
IG : tanahlautdstasi. (bud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.