6 May 2024 - 08:49 8:49

Semarak HUT Jakarta ke-496, Pemprov DKI dan TMII Kolaborasi Tampilkan Kesenian Tradisional Betawi

IPOL.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) berkolaborasi menampilkan kesenian tradisional kebudayaan betawi di Anjungan Provinsi DKI Jakarta, TMII, Cipayung, Jakarta Timur.

Kegiatan tersebut sekaligus untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta ke-496 pada Kamis (22/6) siang tadi.

Kepala Unit Pelaksana Anjungan dan Graha Wisata TMII, Yayang Kustiawan menuturkan, pihaknya bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta menyuguhkan beragam hiburan dan edukasi kepada para pengunjung.

Di antaranya menampilkan kesenian khas betawi yaitu Tari Lenggang Nyai, Lenong Betawi, Ondel-ondel, atraksi Pencak Silat hingga musik Gambang Kromong.

“Pengunjung sangat menikmati sajian budaya yang ditampilkan,” kata Yayang di TMII, Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (22/6).

Saat penampilan Gambang Kromong misalnya pengunjung yang datang tampak turut bernyanyi bersama, bahkan ada juga pengunjung turut menyumbangkan suara di atas panggung.

Antusias pengunjung sangat luar biasa.
Tepuk tangan penonton juga terdengar saat Tari Lenggang Nyai dipentaskan, sebuah tarian diciptakan seniman Wiwik Widiastuti yang terinspirasi cerita Betawi Nyai Dasimah.

Ketika pentas Lenong Betawi yang dimainkan Haji Bolot dan Malih, para penonton tampak tertawa karena terhibur dengan kelakar ditampilkan dua seniman itu.

Tidak hanya kesenian tradisional, para pengunjung dapat menikmati sajian makanan tradisional Betawi, di antaranya Laksa Betawi, Kerak Telor, dan Es Selendang Mayang.

Kemudian adanya wisata edukasi dengan mengunjungi museum Provinsi DKI Jakarta pada anjungan di TMII. Pengunjung dapat melihat dan mengetahui sejarah Jakarta sejak era kolonial hingga sekarang.

“Kegiatan didukung dari berbagai SKPD terkait, baik dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dinas Kebudayaan dan juga Dinas Pertamanan dan Hutan Kota,” ujar Yayang.

Sementara itu, dalam perayaan HUT Jakarta ke-496 kian semarak dengan kehadiran para Pramuka Penggalang yang sedang mengikuti kegiatan LT-V. Mereka mengenakan pakaian adat dari masing-masing daerah asal.

“Kegiatan terkait HUT Jakarta di anjungan digelar hari ini saja. Harapannya agar generasi muda lebih mengenal kesenian tradisonal, terutama kesenian kebudayaan Betawi,” pungkas Yayang. (Joesvicar Iqbal)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
4 May 2024 - 12:14
Mal Rabinza di Lebak Hangus Terbakar

WARTAPENANEWS.COM – Kebakaran hebat terjadi di Mal Rangkasbitung Indah Plaza (Rabinza), Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, pada Sabtu (4/5/2024) dini hari. Informasi diperoleh, peristiwa itu terjadi pukul 00.25 WIB.

01
|
4 May 2024 - 11:13
Mayat Pria Ditemukan Tanpa Busana di Perumahan Sukabumi

WARTAPENANEWS.COM – Warga di Perumahan Frinanda, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, digegerkan dengan penemuan mayat pria dalam kondisi telanjang. Kejadian tragis tersebut terjadi di rumah blok B1 Nomor 1

02
|
4 May 2024 - 10:06
Exit Tol Jagorawi Arah Puncak Macet, Contraflow Diberlakukan di KM 44

WARTAPENANEWS.COM – Kemacetan terjadi di exit Tol Jagorawi arah Puncak pagi ini, Sabtu (4/5). Ini disebabkan wisatawan yang akan berlibur ke kawasan Puncak pada weekend. Informasi dari Jasa Marga, kemacetan

03