24 April 2024 - 16:24 16:24

Sengketa PHPU Pileg Digelar 9-12 Juli

WartaPenaNews, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) sedang bersiap menghadapi sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) legislatif di Mahkamah Konstitusi (MK). KPU akan mengumpulkan seluruh penyelenggara tingkat provinsi untuk membahas hal tersebut. Sidang pendahuluan dimulai pada 9-12 Juli 2019.

Komisioner KPU Ilham Saputra mengatakan, KPU mulai menyusun jawaban atas gugatan yang diajukan para calon anggota legislatif (caleg). KPU juga akan berkoordinasi dengan tim kuasa hukum. Total ada lima firma hukum yang bakal menangani 339 permohonan PHPU Pileg. Setiap firma hukum ditugasi menangani sengketa yang diajukan partai-partai tertentu.

Ilham menyampaikan pertemuan dengan KPU provinsi juga sekaligus mengumpulkan alat bukti. KPU segera melengkapi alat bukti ke MK. “Karena tanggal 5-12 Juli itu penyerahan bukti-bukti. Berikutnya sidang selama beberapa hari,” ujar Ilham di gedung KPU, Jakarta, Senin (1/7).

Terpisah, Juru Bicara MK Fajar Laksono menjelaskan, sidang sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pemilihan Legislatif (Pileg) di Mahkamah Konstitusi (MK) dibagi dalam tiga panel. Anwar Usman, Aswanto dan I Dewa Gede Palguna akan menjadi hakim ketua sidang di masing-masing panel.

“Panel satu itu Pak Ketua Anwar Usman kemudian dengan Profesor Enny Urbaningsih, kemudian dengan Profesor Arif Hidayat. Panel dua itu Profesor Aswanto, Profesor Saldi, Pak Manahan Sitompul. Panel tiga Pak Palguna, Pak Suhartoyo dan Pak Wahinudin,” ujar Fajar.

Hingga saat ini terdapat 339 permohonan PHPU Pileg. Seluruhnya akan diperlihatkan ke publik melalui laman resmi MK. “Nanti kita tahu dari 339 itu berapa yang akan resmi menjadi perkara,” ucapnya. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
24 April 2024 - 12:17
Imbas Tebak-tebakan ‘Hewan Mengaji’, TikToker Galih Loss Berakhir di Jeruji Besi

WARTAPENANEWS.COM -  Polda Metro Jaya menetapkan TikToker bernama Galih yang memiliki akun @Galihloss29 sebagai tersangka. Hal ini dilakukan buntut dari konten tebak-tebakan terkait 'hewan mengaji'. Galih ditangkap oleh Dittipidsiber Bareskrim

01
|
24 April 2024 - 11:16
Alyssa Soebandono Lahirkan Anak Perempuan

WARTAPENANEWS.COM - Alyssa Soebandono baru saja melahirkan anak ketiganya yang berjenis kelamin perempuan. Kehadiran anak ketiganya jelas disambut bahagia oleh istri Dude Harlino beserta keluarganya. Diketahui anak ketiga Alyssa dan

02
|
24 April 2024 - 10:15
Perkosa Perempuan ODGJ, Pria di Bandar Lampung Dibekuk Polisi

WARTAPENANEWS.COM - Seorang pria lansia nekat memperkosa perempuan pengidap gangguan jiwa atau orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di pinggir jalan. Pelaku berinisial MA (66) warga Gunung Agung, Kecamatan Tanjung Karang

03