2 May 2024 - 21:50 21:50

Seperti Ini Ekonomi China Usai Liburan Imlek

WartaPenaNews, Jakarta – Pabrik-pabrik di China, pusat rantai pasokan industri elektronik, telah melewati liburan Tahun Baru Imlek yang diperpanjang dan pecahnya virus korona yang mematikan.

Sebagian besar diperkirakan akan dibuka kembali pada 10 Februari 2020 awal pekan ini. Atau mundur sepekan dari yang dijadwalkan pekan sebelumnya.

Tetapi karantina dan langkah-langkah lain yang diberlakukan untuk menghentikan penyebaran penyakit di China, dapat terus mengganggu manufaktur elektronik hingga usai musim liburan. Bahkan ketika pabrik-pabrik dengan cepat kembali ke produksi penuh, kata para pakar manufaktur seperti mengutip cnbc.com.

Andre Neumann-Loreck, pendiri On-Tap Consulting, sebuah perusahaan Lembah Silikon yang berspesialisasi dalam memberi saran kepada perusahaan perangkat keras dan perusahaan pemula yang membangun produk di Asia, mengatakan bahwa kliennya telah mengajukan banyak pertanyaan tentang cara menangani epidemi dan secara aktif membuat rencana darurat.

“Perusahaan yang membangun perangkat keras atau produk fisik berada dalam mode krisis sekarang, dan itu benar apakah mereka mendapatkan barang jadi yang dibangun di Cina atau mengandalkan Cina untuk komponen dan sub-rakitan,” kata Neumann-Loreck.

Sebagai contoh, Facebook memperingatkan pada hari Jumat bahwa mereka mengharapkan virus corona berdampak pada produksi headset realitas virtual Oculus Quest-nya.

Rantai pasokan telah terganggu dengan penundaan selama sepekan untuk pembukaan kembali pabrik, kata Sherina Kamal, analis risiko di Resillience 360, sebuah perusahaan manajemen risiko logistik yang didukung oleh DHL.

“Efek riak yang datang dari satu wilayah di Tiongkok benar-benar belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Kamal. “Kami belum pernah melihat yang seperti ini.”

Staf pabrik bisa menjadi masalah yang bertahan lama di luar puncak wabah, mengingat bahwa banyak pekerja pabrik di China melakukan perjalanan dari pedesaan ke pabrik di daerah perkotaan.

Baca Juga: KBRI di Singapura Imbau WNI Hindari Tempat Keramaian

“Ada banyak pekerja sementara yang pergi ke kota untuk mencari nafkah, kemudian mereka kembali dan bersatu kembali dengan keluarga mereka,” kata Jayashankar Swaminathan, profesor operasi global di UNC Kenan-Flagler Business School.

“Tetapi dalam situasi ini, mereka mungkin memiliki pemikiran kedua tentang apakah akan kembali. Itu akan menjadi masalah besar bagi perusahaan jika ada kekurangan tenaga kerja.

Perusahaan yang dikelola dengan baik biasanya memiliki rencana untuk gangguan produksi, dan jika perusahaan telah mengidentifikasi pemasok kedua untuk suku cadang utama, mereka mungkin dapat terus memproduksi produk saat ini dengan kecepatan yang sedikit lebih lambat, kata Swaminathan.

Tetapi keterlambatan dalam desain dan proses prototyping bisa mengalir dengan baik ke musim liburan.

Itu karena perusahaan elektronik bekerja pada produk-produk baru di pabrik-pabrik Cina pada saat yang sama mereka memproduksi produk tahun lalu – sebuah proses yang disebut “pengenalan produk baru” (NPI). Itu berarti produk yang dijadwalkan untuk musim liburan beberapa bulan lagi bisa ditunda.

“Perusahaan dengan produk dalam pengembangan, apakah mereka dalam tahap prototyping atau apa yang disebut tahap NPI, mereka berisiko untuk liburan 2020 karena jadwal untuk liburan sudah ketat, dan jadwal sudah tergelincir karena pabrik tidak terbuka dan rantai pasokan tidak berjalan,” kata Neumann-Loreck.

Untuk menghasilkan sejumlah besar perangkat elektronik, perusahaan elektronik melalui beberapa tahap terstruktur, atau “membangun.”

Pertama, perusahaan membuat jumlah kecil, atau yang disebut uji verifikasi teknik atau pembuatan EVT, tempat fitur dan komponen utama diuji dan diperbaiki. Kemudian datang tes desain atau pengembangan verifikasi, atau DVT, yang digunakan untuk memastikan perangkat dapat dibangun dalam jumlah besar. Setelah itu muncul tes verifikasi produksi, dan akhirnya “ramp,” ketika pabrik membuat sejumlah besar produk untuk publik.

Proses ini memakan waktu berbulan-bulan dan penundaan dalam satu bangunan dapat memperlambat seluruh proses. “Bangunan itu membutuhkan dukungan teknik langsung dari tim pengembangan. Jika Anda memiliki tim di A.S. yang merancang produk Anda, mereka biasanya pergi ke China untuk membangun itu,” kata Neumann-Loreck.

Tetapi perusahaan AS membatasi perjalanan karyawan ke China, berpotensi membatasi waktu yang dibutuhkan para insinyur untuk menyelesaikan masalah produksi. Sebagai contoh, CEO Apple Tim Cook mengatakan pekan lalu bahwa perusahaan itu membatasi perjalanan ke fungsi-fungsi yang “kritis bisnis”.

Beberapa ahli bahkan mengharapkan penundaan ikon global, seperti produk terpenting Apple, iPhone.

“Apa yang akan terjadi pada iPhone pada khususnya? Saya berani bertaruh ini akan menunda peluncuran model atau produk berikutnya, “kata Swaminathan.

“Survei terbaru kami menunjukkan bahwa pasokan iPhone sedang dipengaruhi oleh coronavirus dan, oleh karena itu, kami memangkas perkiraan pengiriman iPhone sebesar 10%,” tulis analis TF Securities Ming-Chi Kuo dalam catatan 2 Februari. Dia mengatakan pengiriman kuartal kedua sulit diprediksi karena “ketidakpastian epidemi coronavirus dan kepercayaan konsumen.” (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
2 May 2024 - 15:16
Pemerintah Sudah Gelontokan Dana Desa Rp609,68 Triliun

WARTAPENANEWS.COM –  Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat dana desa telah disalurkan sebesar Rp609,68 triliun selama 2015-2024. Dana tersebut mengalir desa-desa di seluruh kabupaten dan kota di Indonesia. “Jadi dana desa tak

01
|
2 May 2024 - 14:15
Ini Penyebab Asia Tenggara dan Selatan Dihantam Gelombang Panas

WARTAPENANEWS.COM – Asia Selatan dan Tenggara bersiap menghadapi suhu panas yang lebih ekstrem sejak Minggu (28/4/2024) ketika pihak berwenang di seluruh kawasan mengeluarkan peringatan kesehatan. Penduduk juga banyak yang mengungsi

02
|
2 May 2024 - 13:13
Terbukti Bunuh Juniornya, Altaf Mahasiswa UI Dihukum Penjara Seumur Hidup

WARTAPENANEWS.COM – Altafasalya Ardnika Basya alias AAB divonis hukuman penjara seumur hidup karena membunuh Muhammad Naufal Zidan, mahasiswa program studi Sastra Rusia Universitas Indonesia (UI). Majelis Hakim Pengadilan Negeri Depok

03