6 May 2024 - 10:38 10:38

Sering Duduk dan Kurang Gerak? Hati-Hati Bahaya Sakit Punggung, Simak Tips dan Pencegahannya

Posisi duduk bahkan berdiri dan tidur yang baik, bis amencegah nyeri punggung. kantor

IPOL.ID — Pandemi dan dominannya aktivitas hanya di dalam ruang kantor menjadi hal yang menyebabkan tulang punggung menjadi tidak berfungsi optimal. Keluhan sakit punggung bahkan hingga sampai mengubah posisi tulang belakang adalah salah satu dampaknya.

Sakit punggung menjadi keluhan yang sering dialami banyak orang. Penyebabnya pun cukup beragam, seperti kurang aktivitas fisik dan postur duduk yang buruk. Jika tidak diobati, rasa nyeri dan pegalnya bisa semakin parah.

Lantas bagaimana cara kita mengantisipasinya? tenang saja, Anda bisa mengikuti beberapa cara mengatasi sakit punggung berikut ini. Dikutip dari berbagai sumber, berikut cara mencegahnya.

  1. Rutin olahraga

Olahraga untuk tulang belakang dan punggung terbaik adalah renang. Aktivitas lain seperti jogging, yoga dan pilates juga sangat dianjurkan.

Sebagaimana diketahui punggung bagian bawah berfungsi untuk menopang seluruh tubuh bagian atas dengan memanfaatkan kerja otot. Namun, jika otot tegang karena jarang digunakan, punggung akan terasa nyeri. Untuk mengatasinya, Anda bisa lakukan peregangan otot setiap hari.

  1. Ubah posisi tidur

Tidur dalam posisi telentang akan memberikan tekanan lebih pada tulang belakang. Jadi, ubahlah posisi tidur dengan cara mengangkat sedikit bagian lutut dan gunakan bantal penyangga di paling bawah.

3.Perhatikan postur tubuh saat mengangkat barang

Jika mengangkat barang dengan postur tubuh yang salah, bisa-bisa otot bagian belakang mengalami kejang dan nyeri. Tipsnya adalah gunakan otot kaki dalam menopang beban tubuh saat mengangkat barang. Kalau terlalu berat, sebaiknya Anda meminta bantuan orang lain.

  1. Duduk dengan posisi yang tepat

Posisi duduk yang salah juga bisa membebani tulang belakang, otot, dan persendian. Jadi, hindari duduk dengan punggung membungkuk atau terlalu tegak.

Pastikan Anda memakai kursi kantor ergonomis saat bekerja. Selain itu, sesuaikan ketinggian meja dengan kursi agar kamu bisa duduk dengan lebih nyaman.

  1. Gaya hidup

Berhenti merokok dan usahakan untuk dapat mengelola stres, ketegangan, atau kecemasan. Menurangi berat badan jika mengalami obesitas juga harus jadi prioritas mengingat berat badan dapat memengaruhi beban tulang untuk menopang tubuh.

  1. Gunakan sepatu datar

Wanita karir dan yang bekerja formal di perkantoran banyak mengutamakan penampilan dengan menggunakan sepatu high heels. Hal ini tidak sepenuhnya baik. Dikarenakan sepatu berhak tinggi dapat menyebabkan tekanan pada punggung.

Untuk disarankan menggunakan bantalan pada alasnya, dan sebisa mungkin gunakan hak sepatu yang rendah atau datar. Hal tersebut untuk mengurangi tekanan pada punggung.

Selain enam hal di atas , ada beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah nyeri punggung atau membantu meredakan nyeri, yaitu:

  1. Duduk dengan posisi yang baik bila bekerja dengan menggunakan komputer.

Selain upaya di atas, postur tubuh juga berperan besar dalam menyebabkan atau mencegah nyeri punggung. Kesehatan tulang punggung juga ditentukan dari bagaimana posisi berbaring, duduk, dan berdiri. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga postur tubuh pada posisi ideal:

  1. Tidur dan berdiri yang baik

Alasi kepala dengan bantal, tetapi tidak terlalu tinggi agar leher tidak tertekuk. Pastikan alas tidur cukup tebal untuk menjaga tulang belakang tetap lurus dan dapat menopang pundak dan bokong dengan baik.

Sedangkan untuk posisi berdiri, tipsnya adalah seimbangkan berat tubuh pada kedua kaki. Berdirilah dengan punggung dan kepala tegak, serta kaki lurus. Jika berdiri dalam waktu lama, tempatkan salah satu kaki di pijakan kaki yang sedikit lebih tinggi untuk mengangkat sebagian beban tulang belakang, kemudian ganti kaki setelah beberapa saat.

  1. Duduk

Agar posisi tubuh tetap ideal selama mengetik, siku harus membentuk sudut 90 derajat dengan posisi keyboard sejajar dengan pusar. Gunakan bantal sandaran atau gulungan handuk untuk menjaga postur tubuh tetap normal. Namun, posisi duduk harus diubah secara teratur setidaknya tiap 30 menit.

  1. Angkat barang

Hindari mengangkat beban terlalu berat. Jika harus dilakukan, jaga punggung untuk tetap lurus dan tidak memutar. Pastikan barang tetap dekat tubuh dan tekuk lutut dengan benar. (timur)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
6 May 2024 - 10:16
Ada Tumpahan Oli, Jalan Juanda Depok Macet Parah

WARTAPENANEWS.COM – Jalan Juanda dari arah Cisalak ke arah Margonda, Depok, macet parah tadi pagi, Senin (6/5) sekitar pukul 08.00 WIB. Ada tumpahan oli jalan dekat Pesona Square Mal. Pantauan

01
|
6 May 2024 - 09:13
4 Pelaku Penipuan Pengusaha Plastik di Tangerang Dibekuk

WARTAPENANEWS.COM – Polisi mengamankan empat orang berinisial TM (29), GR (31), HH (37) dan ANS (24), pelaku penipuan dengan modus membeli plastik gilingan di Kabupaten Tangerang. Korban mengalami kerugian mencapai

02
|
6 May 2024 - 08:29
Dua Anak di Jember Alami Gangguan Jiwa akibat Terlalu Sering Main Game Online

WARTAPENANEWS.COM – Dua kakak beradik ini berinisial EW (19) dan SA (17), warga Desa Sruni, Kecamatan Jenggawah, Jember, Jawa Timur mengalami gangguan jiwa. Mereka berdua kini terus mendapatkan bantuan terapi dan

03