20 May 2024 - 00:14 0:14

Sering Gonta-ganti Sampo, Ini Efek Sampingnya

WartaPenaNews, Jakarta – Bukan perkara mudah memang untuk memilih sampo yang tepat. Terutama bagi mereka yang punya masalah tertentu dengan rambut. Tak sedikit orang yang gonta-ganti sampo hingga akhirnya menemukan yang tepat.

Reaksi bergonta-ganti sampo pada masing-masing orang akan berbeda. Ada yang tidak mengalami efek samping, namun ada juga yang mengalami efek samping seperti berikut:

1. Rambut menjadi mudah rontok
Sering berganti sampo bisa membuat rambut mudah rontok. Hal itu disebabkan oleh bahan kimia yang terdapat dalam sampo.

2. Gatal di kulit kepala
Bagi anda yang memiliki kulit kepala sensitif, bahan kimia di dalam sampo bisa membuat kulit kepala mudah gatal.

3. Rambut menjadi kering
Bahan kimia di dalam sampo, apabila tidak cocok pada Anda, akan membuat rambut menjadi lebih kering dan mudah patah.

4. Ketombe
Paparan bahan kimia di dalam sampo dapat membuat kulit kepala mudah terkelupas, dan kemungkinan terjadi ketombe jika tidak segera ditangani.

5. Infeksi kulit kepala (dermatitis kulit kepala)
Mengganti sampo terlalu sering bisa membuat kulit kepala iritasi. Terutama jika sampo tersebut mengandung parfum, pewarna buatan, dan bahan-bahan lain yang bisa membuat kulit iritasi. Gejala iritasi kulit kepala yang perlu Anda ketahui, antara lain kulit kepala gatal, kemerahan, dan terdapat kulit yang mengelupas atau ketombe.

6. Dermatitis seboroik
Dermatitis seboroik merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan kulit kering, mengelupas, dan merah. Gejalanya dapat muncul di seluruh bagian tubuh. Namun, biasanya cukup sering terjadi pada area kulit yang banyak mengandung banyak kelenjar minyak, seperti kulit kepala, wajah, dada, dan punggung.

Namun, tak selamanya bergonta-ganti sampo akan memberikan efek samping. Ada juga beberapa orang yang rambutnya terlihat lebih baik meski sering berganti sampo.

Selain memperhatikan penggunaan sampo, Anda juga perlu mengetahui langkah-langkah keramas yang benar agar rambut semakin terjaga kesehatannya:

1. Pilihlah sampo yang tepat sesuai dengan jenis rambut Anda.
2. Basahi rambut secara merata.
3. Gunakan sampo secukupnya dan tuang ke tangan dulu baru ke seluruh rambut.
4. Bilas rambut hingga benar-benar bersih atau busa sampo menghilang.
5. Gunakan kondisioner pada ujung-ujung rambut.
6. Saat mengeringkan rambut, jangan digosok karena dapat membuat rambut menjadi rusak dan mudah patah.

Di samping perawatan dari luar seperti sampo, jagalah kesehatan rambut dengan perawatan dari dalam. Konsumsilah makanan yang tinggi protein, zat besi, serta asam lemak omega-3.

Dengan begitu, rambut Anda tidak akan mudah gatal, rontok, serta mengalami masalah rambut lainnya yang mengganggu. (*/dbs/klikdokter)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
18 May 2024 - 12:19
Sosok Ayah Pacar Vina Cirebon Ternyata Seorang Perwira Polisi

WARTAPENANEWS.COM –  Ternyata sosok ayah pacar Vina Cirebon yang tewas dibunuh seorang Perwira Polisi. Diketahui, kasus Vina kembali jadi perhatian masyarakat setelah diangkat ke layar lebar pada 2024 dengan judul

01
|
18 May 2024 - 11:17
Gegara Perang Gaza, Ada Perpecahan Dalam Kabinet Israel

WARTAPENANEWS.COM –  Satu demi satu perpecahan dalam kabinet Israel terkait perang di Gaza mulai terungkap. Menteri Pertahanan Yoav Gallant secara terbuka menuntut strategi yang jelas dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu,

02
|
18 May 2024 - 10:15
Pejabat Kemenhub yang Buat Sumpah Sambil Injak Al-Quran, Dilaporkan ke Polisi

WARTAPENANEWS.COM – Pejabat Kementerian Perhubungan bernama Asep Kosasih dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan penistaan agama. Laporan itu dibuat berdasarkan sebuah video viral yang menampilkan Asep sedang melakukan sumpah

03