7 Februari 2023 - 08:20 8:20

Sering Gunakan Obat Tetes Mata, Ini Dampak Buruknya

WartaPenaNews, Jakarta – Obat tetes mata yang mengandung steroid memang menjadi obat andalan. Mata merah karena terkena debu atau benda lain bisa langsung jernih. Namun, obat tersebut ternyata memiliki efek yang lebih buruk untuk mata. Yakni, timbulnya penyakit glaukoma.

Penggunaan obat tetes mata dalam jangka waktu lama akan mengakibatkan meningkatnya tekanan bola mata. Kondisi itu merupakan faktor risiko utama terjadinya kerusakan saraf pada glaukoma.

Berdasar penuturan dokter spesialis mata RS Mata Undaan dr Lydia Nuradianti SpM, glaukoma menjadi penyebab kebutaan kedua setelah katarak. Tekanan bola mata yang tinggi menjadi pemicunya. ”Penyakit ini tidak memandang usia. Bahkan, bayi pun dapat mengidapnya,” tuturnya.

Selama ini, lanjut dia, kunjungan pasien glaukoma di RS Mata Undaan cukup tinggi. Selalu meningkat dari tahun ke tahun. ”Dalam waktu setahun pada 2018, kunjungan pasien glaukoma tercatat 8.054 pasien,” paparnya.

Glaukoma, kata Lidya, ada yang akut dan kronis. ”Yang akut biasanya masih ada gejalanya seperti pusing dan mual,” ucapnya.

Pada tahap awal, terdapat halo atau pelangi saat melihat cahaya. Sementara itu, yang kronis lebih berbahaya. Tanpa gejala apa pun. Pandangan tiba-tiba menghilang dari samping. Pasien cenderung tidak menyadari jika mengidap glaukoma hingga terjadi kerusakan fungsi penglihatan yang cukup berat.

”Parahnya bila penglihatan mulai menyempit. Hanya bisa melihat ke depan seperti saat menggunakan teropong,” tutur perempuan 39 tahun itu.

Dia menjelaskan, kebanyakan yang datang berkonsultasi berusia 40 tahun ke atas. Namun, usia muda juga mulai banyak. Sebab, obat tetes mata banyak digunakan para remaja. ”Mereka yang memakai lensa kontak biasanya menggunakan obat tetes mata. Namun, mereka kurang membaca informasi kandungan dalam kemasan obat,” jelasnya. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

Presiden Rusia Vladimir Putin
Pasok Tank untuk Ukraina, Putin Ancam Jerman Pakai Nuklir
film
Deretan Film Semi China Terbaik
satu 1
Viral, Siswa Teladan di SMA Kotamobagu Dianiaya hingga Babak Belur
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona
Sarah Viloid
5 Gamer Paling Cantik dan Seksi di Indonesia

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
6 Februari 2023 - 12:17
Diduga Sebabkan Gagal Ginjal, BPOM Setop Sementara Produksi-Distribusi Obat Sirop

wartapenanews.com - Dua anak di Jakarta dilaporkan mengidap Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA) pada awal Februari 2023, setelah kasus serupa tak ditemukan sejak Desember 2022. Satu meninggal dan satu

01
|
6 Februari 2023 - 11:08
Ecky Kuras Harta Senilai 1,1 Miliar, Usai Bunuh dan Mutilasi Angela

wartapenanews.com - Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya mengungkapkan tersangka M Ecky Listiantho (34) atau MEL menguras harta korban usai melakukan pembunuhan terhadap Angela Hindriati (54) atau AHW

02
|
6 Februari 2023 - 10:11
Gempa 7,8 Magnetudo Robohkan Bangunan di Turki

wartapenanews.com -  Gempa bumi dahsyat berkekuatan 7,8 magnitudo menggetarkan Provinsi Osmaniye di Turki, pada Senin (6/2). Getaran gempa terasa hingga negara tetangganya, Suriah, dan berlangsung pada pagi buta — ketika

03