18 April 2024 - 07:37 7:37

Sering Menguap, Tandanya Anda Idap Penyakit Ini

WartaPenaNews, Jakarta – Menguap kerap kali dianggap sebagai pertanda seseorang tengah mengantuk dan ingin segera tidur. Padahal, menguap bisa jadi pertanda bahwa tubuh kita memerlukan sesuatu.

Setelah menguap, kebanyakan orang beristirahat atau tidur sejenak. Namun terkadang beberapa orang masih terus menguap meski sudah tidur. Jika demikian, sebaiknya Anda waspada, sebab hal itu bisa jadi gejala dari beberapa penyakit.

Salah satunya adalah penyakit liver. Jika kamu sering menguap padahal saat itu kamu benar-benar tak mengantuk, kemungkinan ada masalah pada liver. Karena salah satu ciri atau gejala dari penyakit liver adalah sering menguap.

Baca Juga: Dua Ahli Sebut KPK Tak Punya Legal Standing Ajukan PK

Sebuah penelitian juga menemukan fakta baru bahwa seorang penderita Multiple Sclerosis (MS) akan menderita disfungsi thermoregualtory pula, yakni sulit mengontrol suhu tubuh sehingga mereka akan mudah menguap.

Penelitian lain membuktikan bahwa seseorang yang sering menguap juga menjadi ciri dari pasien yang mengalami peradangan pada batang otak mereka. Radang otak ini terjadi pada penderita stroke ringan.

Keseringan menguap juga dapat menjadi pertanda epilepsi. Gangguan kesehatan ini akan menyebabkan otak mengirimkan sinyal yang abnormal, sinyal inilah menjadi penyebab menguap yang berlebihan.

Selain penyakit-penyakit tersebut, menguap yang terlalu sering juga dapat disebabkan oleh gangguan tidur. Gangguan tidur tersebut dapat membuat tubuh kurang istirahat dan terus merasa lelah. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03