3 May 2024 - 11:11 11:11

Setelah Pasang Ring Jantung Ingat 5 Hal yang Harus Diperhatikan

WartaPenaNews, Jakarta – Pada pasien penyakit jantung koroner yang keadaannya sudah cukup parah, dokter akan merekomendasikan untuk pasang ring jantung. Jika Anda ingin atau barusan melakukannya, jangan langsung beraktivitas seperti biasa.

Masalahnya ada banyak hal yang harus diperhatikan setelah pasang ring jantung.

Butuh diketahui, pemasangan ring atau stent di jantung merupakan sisi dari tindakan yang disebutkan sebagai interferensi koroner perkutan (PCI). PCI ialah mekanisme non bedah yang menggunakan kateter untuk tempatkan susunan kecil yang disebutkan ring, untuk buka pembuluh darah di jantung yang sudah menyempit oleh penimbunan plak (aterosklerosis).

PCI bisa tingkatkan saluran darah, hingga mengurangi ngilu dada yang terkait dengan jantung, membuat pasien merasakan lebih baik, dan tingkatkan potensi dan kualitas untuk aktif kembali.

Manfaat lain dari PCI mencakup memudahkan atau mengurangi angina (ngilu dada kiri yang khas), menahan serangan jantung, dan meredakan gejala gagal jantung kongestif.

Diluar itu memungkinkan beberapa pasien untuk menghindari tindakan bedah (cangkok bypass arteri koroner.

Beberapa hal yang harus diperhatikan setelah pasang ring jantung

Seperti diketahui Cecep Reza meninggal dunia pascamelakukan pemasangan ring jantung. Disaksikan dari akun Instagram kepunyaannya, Cecep beberapa waktu terakhir sudah beraktivitas seperti biasanya.

Bercermin dari insiden itu, pasien yang baru melakukan pemasangan ring jantung memang tidak disarankan untuk kembali beraktivitas biasa, apalagi aktivitas yang berat. Selengkapnya, berikut ini ialah banyak hal yang butuh diperhatikan setelah mekanisme PCI.

1. Di rumah sakit

Pemantauan tanda penting dan perdarahan. Sesudah mekanisme, pasien akan dibawa ke ruang pemulihan untuk diobservasi. Pasien akan tetap berbaring dalam tempat tidur selama beberapa saat setelah mekanisme. Perawat akan memonitor tanda-tanda penting, tempat pemasangan, dan perputaran atau sensasi pada kaki atau lengan di tempat irisan.
Adukan bila ada keluhan ngilu dada, sesak, sensasi hangat, perdarahan, atau ngilu di sekitar irisan (biasanya kaki atau lengan).
Tirah baring (bed rest) yang lamanya beragam, dapat 2-6 jam bergantung keadaan.
Pemakaian pispot. Rasa ingin buang air kecil mungkin bisa muncul sebagai dampak dari pewarnaan kontras tindakan dilakukan. Menggunakan alat membantu untuk buang air kecil bisa mengurangi pengerahan dan efek tekukan pada kaki dan lengan tempat irisan.
Pengerahan setahap.
Rawat inap. Ini biasanya diwajibkan buat memonitor keadaan pasien setelah tindakan PCI. Yang diawasi mencakup tanda penting, keluhan, dan pemulihan saat tindakan sampai pasien betul-betul konstan dan cukup kuat untuk rawat jalan.

2. Di rumah

Cek tempat tempat akses pemasangan ring. Sesampainya di rumah, pasien harus memonitor tempat tempat dilakukannya irisan untuk jalan PCI. Yang perlu diperhatikan ialah ada atau tidaknya ngilu, abuh, pergantian warna, suhu, atau kelainan pada kulit yang lain.

Pengerahan setahap. Pasien akan dianjurkan untuk tidak melakukan kegiatan berat. Dokter akan memberitahu kapan pasien dapat kembali kerja dan meneruskan kegiatan normal saat melakukan kontrol.

3. Mengontrol pola makan

Tidak hanya tak bisa beraktivitas berat, pasien harus juga menghindari beberapa makanan yang tidak baik untuk pasien jantung koroner. Jauhi makanan yang mengandung trigliserida dan natrium tinggi, yaitu: santan, gorengan, margarin, kelapa, garam, gula (karena punya pengaruh langsung pada trigliserida), dan lain-lain.

Jauhi makanan yang mengandung kolesterol tinggi seperti daging olahan, gorengan, makanan cepat saji, semua jenis roti, kue, dan cookies yang mengandung banyak lemak jemu, dan sebagainya.

4. Tidak merokok

Jangan kembali merokok bila sebelumnya punyai kebiasaan jelek itu. Asap rokok dan senyawa beresiko yang lain dalam rokok dapat menyebabkan resikonya yang jelek untuk jantung, dan dapat membuat kerja jantung makin berat. Jauhi asap rokok sebagus mungkin supaya ring jantung dapat kerja secara baik.

5. Pasien harus segera ke IGD atau dokter paling dekat apabila merasakan:Demam atau kedinginan.

Penambahan rasa sakit, kemerahan, pembengkakan, atau perdarahan atau drainase (serapan dari cedera di tempat irisan).
Kedinginan, mati rasa, kesemutan, atau pergantian yang lain di tempat irisan.
Ngilu, rasa tekanan pada dada, mual muntah, berkeringat banyak, pusing, dan tidak sadarkan diri.
Dokter akan memberikan panduan penambahan atau pilihan setelah mekanisme, bergantung pada kondisi spesial.

Pasien mungkin akan merasakan sakit di tempat irisan. Obat-obatan analgesik (pereda ngilu) dapat digunakan untuk menangani ngilu mudah intensif sampai sedang. Obat antiplatelet dapat juga diberi untuk menahan terjadinya pembekuan darah.

Dokter jantung akan memberikan instruksi rawat inap saat tindakan untuk menilai dan menghindari terjadinya komplikasi seperti perdarahan, pembekuan darah, atau masalah dengan saluran darah ke jantung.

Waktu rawat inap akan lebih panjang jika pasien mengalami insiden koroner seperti serangan jantung. Pasien akan diinstruksikan untuk minum banyak air dan batasi aktivitas fisik selama sekian waktu. Ini penting buat memaksimalkan therapy dan menghindari berbagai komplikasi yang tidak diharapkan.

Demikian beberapa hal yang harus diperhatikan setelah pasang ring jantung. Mekanisme itu bisa selamatkan nyawa pasien dengan penyakit jantung koroner.

Tetapi, pasien tetap harus melakukan modifikasi gaya hidup untuk jaga dan tingkatkan kesehatan jantung.

Aplikasikan gaya hidup secara berkelanjutan, mulai dari diet komplet bergizi imbang, olahraga teratur, dan berhenti merokok.(mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
3 May 2024 - 09:14
Hujan Lebat di Brasil, 10 Ribu Warga Mengungsi dan 29 Orang Tewas

WARTAPENANEWS.COM –  Presiden Brasil, Luiz Inacio Lula da Silva, menyebut hujan lebat telah menyebabkan banjir dan tanah longsor di bagian selatan negara itu. Akibat bencana alam ini, setidaknya 29 orang

01
|
3 May 2024 - 08:32
Usai Ditabrak Pria yang Mengaku Polisi, Dua Warga Bogor Tewas

WARTAPENANEWS.COM – Dua warga Bogor bernama Diva Maulana Akbar dan Siti Mardiana tewas usai ditabrak pria mengaku polisi di area Stadion Pakansari, Cibinong, Jumat, 10 November 2023 lalu. Kasus ini

02
|
3 May 2024 - 08:09
Waspada, Indonesia Bakal Dilanda Hujan Badai

WARTAPENANEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG memprakirakan, hujan disertai petir akan melanda sebagian wilayah Indonesia. Pengendara motor harus lebih waspada ketika terjadi hujan badai. Seperti diketahui, sepeda

03