29 March 2024 - 20:35 20:35

Sibuk Pulangkan Adelin, Jaksa Agung Jangan Lupakan Yuni, Buronan Korupsi Gas Turbine PLN

WartaPenaNews, Jakarta – Kejaksaan Agung (Kejagung) terus mendapatkan apresiasi di tengah upayanya memulangkan Adelin Lis, terpidana kasus korupsi dan pembalakan liar yang buron ke Singapura. Kali ini, apresiasi tersebut datang dari Pakar Hukum Pidana, Suparji Ahmad.

“Patut diapresiasi upaya penangkapan dan keberhasilannya memulangkan terpidana Adelin,” kata Suparji saat dihubungi indoposonline.id, Jumat (18/6).

Namun begitu, korps adhyaksa diminta tidak melupakan buronan lainnya yang sampai sekarang belum jelas keberadaannya. “Buronan yang lain juga harus segera ditangkap. Selain itu, perlu segera diatasi hambatan atau kendala menangkap buronan itu,” ujar akademisi Universitas Al Azhar itu.

Kejaksaan pun ditegaskan untuk tidak memberikan toleransi kepada para buronan, tanpa terkecuali. “Tidak ada toleransi terhadap para buronan. Artinya harus ada langkah tegas dan cepat untuk menangkap yang bersangkutan,” tegas Suparji menambahkan.

Sebagaimana diketahui, saat ini masih terdapat sejumlah buronan kasus kakap yang masih diburu oleh Kejagung. Satu di antaranya, Yuni selaku Direktur CV Sri Makmur. Yuni ditetapkan sebagai buronan alias masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) sekitar 2013 silam dan belum diproses hukum.

Diketahui, Yuni masih berstatus tersangka kasus korupsi pengadaan flame turbine pada pengerjaan Life Time Extention (LTE) Major Overhouls Gas Turbin (GT) 1.1 Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) di sektor Pembangkit Belawan Sumut tahun 2007-2009.

Dalam kasus ini penyidik juga menetapkan lima tersangka lainnya dari unsur PLN Sumut, yakni Albert Pangaribuan, Edward Silitonga, Robert Manzuyar, Fahmi Rizal Lubis, dan Ferdinand Ritonga.

Kelima tersangka lain tersebut, hingga kini sudah disidangkan di Pengadilan Tipikor Medan dan sudah divonis bersalah oleh majelis hakim. Sedangkan Yuni sampai sekarang masih menghirup udara bebas. (ydh)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03