8 May 2024 - 10:05 10:05

Sidang Etik Firli Ditunda Jadi 20 Desember

WARTAPENANEWS.COM –  Dewas KPK menunda sidang etik Firli Bahuri menjadi Rabu 20 Desember 2023. Penundaan sidang itu karena Firli Bahuri tidak memenuhi sidang perdana pada hari ini.

Firli beralasan dirinya ingin berkonsentrasi menghadapi sidang praperadilan yang sedang bergulir di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Sehingga, ia meminta penundaan sidang.

“Minta ditunda sampai setelah putusan praperadilan,” kata Anggota Dewas KPK Albertina Ho kepada wartawan, Kamis (14/12).

Dewas KPK tetap menggelar sidang pada hari ini. Berdasarkan musyarawah, sidang ditunda menjadi Rabu 20 Desember 2023 pukul 09.00 WIB.

“Apabila Pak Firli Bahuri tidak hadir dalam sidang tanggal 20 Desember 2023 itu, maka sidang tetap akan dilanjutkan, itu keputusan musyawarah majelis,” kata Albertina.

Sidang ini terkait 3 laporan dugaan pelanggaran etik terhadap Firli Bahuri, yakni:
Melakukan pertemuan dengan pihak yang berperkara di KPK yakni eks Mentan Syahrul Yasin Limpo;
Tidak melaporkan harta kekayaan dengan benar ke LHKPN; dan
Terkait sewa rumah di Kertanegara dari pengusaha Alex Tirta.

Tiga dugaan pelanggaran etik tersebut merupakan kesimpulan yang diambil Dewas KPK usai melakukan pemeriksaan pendahuluan dan klarifikasi dari 33 saksi baik internal maupun eksternal. Klarifikasi dan pemeriksaan ini telah dilakukan sejak bulan Oktober lalu.

Saat ini, Firli Bahuri berstatus tersangka kasus pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo. Ia sudah dua kali diperiksa sebagai tersangka tetapi belum ditahan.

Terkait dugaan itu, Firli Bahuri membantahnya. Ia mengajukan praperadilan untuk membatalkan status tersangkanya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
8 May 2024 - 09:36
Kepergok Mencuri, Maling Motor Ini Dihakimi Warga

WARTAPENANEWS.COM – Seorang pria berinisial MS (43) jadi bulan-bulanan warga karena diduga hendak mencuri motor di Jalan Baru Tumbuh, Kelurahan Tugu Selatan, Jakarta Utara, pada Senin (6/5) malam. "Telah diamankan

01
|
8 May 2024 - 09:11
Jabodetabek Hari Ini Diprediksi Berawan, Suhunya Capai 34 Derajat Celsius

WARTAPENANEWS.COM –  BMKG mengeluarkan prakiraan cuaca untuk wilayah Jabodetabek pada Rabu (8/5). Sebagian besar wilayah akan diprediksi berawan, tapi suhunya mencapai 34 derajat celsius. Di Jakarta, pagi ini cuaca diprediksi

02
|
8 May 2024 - 08:49
Saat Ditanya Status Tersangka, Dirut Taspen Kosasih Pilih Bungkam

WARTAPENANEWS.COM – Antonius N. S. Kosasih, Direktur Utama PT Taspen, selesai menjalani pemeriksaan KPK setelah 9 jam. Ia diperiksa dari pukul 11.00 hingga 20.40 WIB. Ketik keluar dari Gedung Merah

03