20 April 2024 - 08:36 8:36

Sigfox Indonesia Tawarkan Peluang Bagi Kemajuan Bisnis IoT

WartaPenaNews, Jakarta –  Sigfox Indonesia secara resmi mulai beroperasi di Indonesia pada, 20 Februari 2020. Pada acara peluncuran yang berlangsung di sebuah hotel bintang lima di Jakarta Jumat, (20/2) malam lalu, berlangsung meriah dan dihadiri ratusan tamu undangan.

Acara itu juga dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate dan Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, serta perwakilan Sigfox Perancis.

CEO Sigfox Indonesia Johnny Swandi Syam mengatakan, kehadiran Sigfox yang menggunakan jaringan 0G untuk Internet of Things (IoT) telah membuka peluang bagi para pengembang aplikasi dan mitra system Integrator, serta memajukan bisnis IoT dengan menyediakan solusi IoT untuk para pelanggan.

“Ini adalah peluang bagi pengembang di tanah air untuk mengembangkan teknologi IoT dalam kehidupan sehari-hari. Untuk bisa sukses dalam mengembangkan IoT, kata kuncinya adalah kolaborasi dengan menggandeng perguruan tinggi, pengusaha, dan pemerintah selaku regulator,” jelas Johnny dalam pidatonya saat meluncurkan Sigfox Indonesia.

Baca Juga: Bocah 9 Tahun Ini Minta Dibunuh Saja karena Ga Tahan Di-bully Setiap Hari

Ia mengajak kepada para profesional TI lokal dalam mengembangkan kemampuan mereka melalui ekosistem Sigfox. Johnny juga berharap keberadaan IoT bisa berkembang secara masif seperti halnya penggunaan telepon genggam. “Kita harapkan masyarakat Indonesia menggunakan IoT dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Johnny.

Sigfox adalah perusahaan jaringan. Sama seperti operator GSM yang menyediakan jaringan dengan membangun BTS, Sigfox juga membangun BTS. Bedanya, operator GSM menyediakan layanan jasa telekomunikasi untuk manusia, Sigfox menyediakan komunikasi antar-mesin-ke-mesin.

Misalnya sensor monitor yang bisa ditempatkan di kali Ciliwung di Bogor, permukaan air sudah berapa ketinggiannya. Contoh lain untuk perusahaan logistik, bisa mendeteksi barang sudah sampai dimana. Untuk konsumen rumahan juga bisa untuk pasang tracker ke binatang peliharaan atau di mobil pribadi.

Sigfox sudah tersedia di lebih dari 70 negara, jadi perusahaan multinasional bisa memanfaatkan jaringan Sigfox yang berdaya rendah dan biaya rendah karena tidak ada biaya roaming. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03