28 March 2024 - 19:39 19:39

Siswi di India Bunuh Diri Gara-gara Tidak Bisa Belajar Online

WartaPenaNews, Jakarta -  Sejumlah sekolah di Kerala, India, telah memulai proses belajar online pada Senin 1 Juni 2020. Akan tetapi, ada seorang siswi kelas 10 dari distrik Malappuram merasa putus asa.

Sebab, siswi yang tidak dipubikasikan identitasnya itu tidak memiliki gawai seperti ponsel pintar dan laptop dirumahnya. Bahkan, televisi dirumahnya tidak dapat berfungsi.

Menurut laporan NDTV, siswi tersebut telah menghilang dari rumahnya sejak Selasa pagi, 2 Juni 2020. Saat ditemukan di dekat rumahnya pada sore hari pukul 03.30, tubuhnya sudah hangus tak bernyawa.

Kepolisian setempat menyebut, siswi tersebut tampaknya telah melukai dirinya sendiri. Padahal, di sekolah, ia dikenal sebagai pelajar yang teladan.

“Televisi di rumah rusak. Dia mengatakan pada saya televisi di rumah perlu diperbaiki, kami juga tidak mampu membeli ponsel pintar. Saya tidak tahu mengapa dia melakukan ini (bunuh diri),” kata ayah korban

Sebelum siswi tersebut mengakhiri hidupnya, sang ayah telah menawarkan ponsel pintar pinjaman dari temannya. Selain itu, sang ibu yang baru melahirkan membuat keluarga tersebut tak memiliki uang cukup memfasilitasi putrinya belajar online.

“Keuangan keluarga sangat seret dan siswi itu sangat waswas dia tak bisa melanjutkan lagi pelajarannya atau sekolahnya karena terkena dampak. Laporan mengarah bahwa dia tak punya akses ke televisi atau kelas virtual sejak sekolah online dimulai,” ujar pejabat kepolisian setempat.

Sementara itu, Menteri Pendidikan untuk wilayah Kerala, C. Raveendranath mengaku, sudah mengetahui kasus ini. Namun, ia tidak mau menanggapi masalah ini lebih jauh dan hanya menegaskan bahwa tahun ajaran baru di Negara Bagian Kerala dimulai 1 melalui kelas online.

Berdasarkan data, diperkirakan ada puluhan murid di Kerala yang tak memiliki akses ke televisi atau gawai lain yang bisa mengakses internet. Pemerintah pun sedang berusaha untuk mendirikan beberapa pusat belajar atau meminjamkan laptop ke kelompok-kelompok kecil lewat bantuan donatur. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03