29 March 2024 - 14:10 14:10

Soal Laju Suku Bunga, Bank Sentral Eropa Ambil Pendekatan Berbeda

wartapenanews.com –  Sebagaimana langkah Bank Sentral AS (The Fed), Bank Sentral Eropa atau European Central Bank (ECB) pada Kamis (4/5/2023) memperlambat

laju kenaikan suku bunga dari serangkaian kenaikan besar-besaran yang bertujuan untuk mengatasi inflasi. Namun, ECB juga mengatakan bahwa mereka ‘tidak berhenti’ meskipun upaya mereka berhasil membuat hipotek dan pinjaman bisnis sulit untuk didapatkan.

The Fed pada Rabu (3/5/2023) menyetujui kenaikan suku bunga seperempat poin, yang kesepuluh sejak Maret 2022 lalu saat Bank Sentral menerapkan kebijakan agresif untuk menekan inflasi. Namun Bank Sentral mengisyaratkan bahwa ini mungkin merupakan kenaikan suku bunga terakhir saat ini.

Sehari setelah keputusan itu, ECB –-yang membawahi 20 negara pengguna mata uang euro-– mengatakan akan melangkah lebih jauh, bahkan ketika melambatnya pertumbuhan ekonomi dan ketidakstabilan bank AS menimbulkan kekhawatiran baru akan terjadinya gejolak keuangan.

Presiden ECB Christine Lagarde dalam konferensi pers, Kamis, mengatakan bahwa perkiraan inflasi masih terlalu tinggi untuk waktu yang lama.

“Mengingat tekanan inflasi tinggi saat ini, Dewan Pelaksana memutuskan untuk menaikkan tiga suku bunga utama ECB sebesar 25 basis point. Secara keseluruhan informasi yang ada mendukung kajian perkiraan inflasi jangka menengah dalam pertemuan sebelumnya. Beberapa bulan terakhir ini inflasi mulai turun, tetapi masih ada tekanan kuat atas harga yang melandasi terjadinya inflasi,” ucap Lagarde. (mus)

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03