23 June 2024 - 14:27 14:27

Soal Polemik Kabasarnas Tersangka, Jokowi: Itu Masalah Koordinasi

WARTAPENANEWS.COM –  Penetapan Kabasarnas Marsekal Madya Henri Alfiandi sebagai tersangka dugaan korupsi pengadaan proyek dalam sistem lelang elektronik LPSE di Basarnas diprotes oleh Mabes TNI.

Mabes TNI mengatakan Henri merupakan anggota militer, sehingga pengusutan kasusnya harus dilakukan oleh TNI. KPK akhirnya menyampaikan permintaan maaf kepada Mabes TNI. KPK pun mengaku khilaf atas penetapan tersebut.

Terkait polemik itu, Presiden Jokowi mengatakan koordinasi harus dilakukan kedua lembaga.

“Ya, itu menurut saya masalah koordinasi, ya. Masalah koordinasi yang harus dilakukan,” kata Jokowi usai meresmikan Inlet Sodetan Ciliwung, Jakarta Timur, Senin (31/7).

Jokowi secara normatif menjelaskan setiap instansi harus mematuhi ketentuan masing-masing instansi.

“Semua instansi sesuai dengan kewenangan masing-masing, menurut aturan, sudah. Kalau itu dilakukan, rampung,” pungkasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Johanis Tanak menilai ada kekhilafan yang terjadi dalam OTT tersebut.

“Kami paham bahwa tim penyelidik kami mungkin ada kekhilafan, ada kelupaan, bahwasannya manakala ada melibatkan TNI harus diserahkan kepada TNI, bukan kita yang tangani,” kata Johanis Tanak.

Ia menyebut bahwa anggota TNI tunduk pada ketentuan untuk militer, bukan sipil. “Ketika ada [tindak pidana] melibatkan militer, maka sipil harus menyerahkan ke militer,” kata Tanak.

“Kami paham bahwa tim penyelidik kami mungkin ada kekhilafan, ada kelupaan, bahwasannya manakala ada melibatkan TNI harus diserahkan kepada TNI, bukan kita yang tangani,” kata Johanis Tanak. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
23 June 2024 - 09:25
Sharp Semarakan Jakarta Fair Kemayoran 2024 Hadirkan Promo Menarik

WARTAPENANEWS.COM – Sharp kembali ramaikan Jakarta Fair Kemayoran 2024 yang akan berlangsung selama satu bulan penuh dari tanggal 12 Juni – 14 Juli 2024 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat. Menempati area

01
|
22 June 2024 - 12:05
Kominfo Belum Bisa Pulihkan Usai 55 Jam Server PDN Eror

WARTAPENANEWS.COM –  Server Pusat Data Nasional (PDN) Kominfo masih mengalami gangguan hingga Sabtu (22/6) pukul 11.00 WIB. Gangguan server ini pertama kali diketahui pada Kamis (20/6) pukul 04.00 WIB yang

02
|
22 June 2024 - 11:16
Usai Pandemi, Bisnis Sepeda Lesu hingga Banting Harga

WARTAPENANEWS.COM – Bisnis sepeda usai era pandemi Covid-19 kini lesu. Seperti dialami toko-toko sepeda di berbagai penjuru AS yang menghadapi kesulitan setelah penjualan yang marak pada awal pandemi lalu. Menurut

03