6 May 2024 - 02:19 2:19

Soal Usulan Perpanjangan Jabatan Panglima TNI, Jokowi: Masih dalam Proses

WARTAPENANEWS.COM – Masa jabatan Laksamana Yudo Margono akan berakhir pada November 2023 mendatang. Saat ini, muncul usulan agar masa jabatan Yudo diperpanjang hingga 2024.

Terkait hal itu, Presiden mengatakan perpanjangan atau pengganti Yudo masih dalam pembicaraan.
“Masih dalam proses,” kata Jokowi di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (19/9).

Sebelumnya, Yudo menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi untuk menentukan apakah memperpanjang masa jabatannya karena menjelang pemilu 2024 atau mencari sosok lain.

“Ya kan hak prerogatif presiden. Yang jelas saya pensiun, 26 November, sesuai umur saya. Kalau diperpanjang dan [atau] tidak, ya tentunya sesuai UU maupun hak prerogatif Presiden,” kata Yudo di Gedung DPR, Senayan, Rabu (13/9).

Dia mengaku siap dengan apa pun keputusan Jokowi terkait statusnya menjadi Panglima TNI.

“Tentara diperintahkan selalu siap. Saya kira semuanya tahulah tentara diperintahkan apa pun, ya, siap, bukan siap atau tidak, harus siap,” ucapnya.

Yudo pensiun pada usia 58 tahun pada tanggal 26 November, sedangkan KSAD Jenderal Dudung Abdurahman pensiun pada 19 November.

Saat ini ada pula gugatan ke Mahkamah Konstitusi soal usia pensiun TNI. Dalam gugatan itu, usia pensiun TNI diusulkan sampai 60 tahun. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
4 May 2024 - 12:14
Mal Rabinza di Lebak Hangus Terbakar

WARTAPENANEWS.COM – Kebakaran hebat terjadi di Mal Rangkasbitung Indah Plaza (Rabinza), Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, pada Sabtu (4/5/2024) dini hari. Informasi diperoleh, peristiwa itu terjadi pukul 00.25 WIB.

01
|
4 May 2024 - 11:13
Mayat Pria Ditemukan Tanpa Busana di Perumahan Sukabumi

WARTAPENANEWS.COM – Warga di Perumahan Frinanda, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, digegerkan dengan penemuan mayat pria dalam kondisi telanjang. Kejadian tragis tersebut terjadi di rumah blok B1 Nomor 1

02
|
4 May 2024 - 10:06
Exit Tol Jagorawi Arah Puncak Macet, Contraflow Diberlakukan di KM 44

WARTAPENANEWS.COM – Kemacetan terjadi di exit Tol Jagorawi arah Puncak pagi ini, Sabtu (4/5). Ini disebabkan wisatawan yang akan berlibur ke kawasan Puncak pada weekend. Informasi dari Jasa Marga, kemacetan

03