7 Februari 2023 - 08:15 8:15

Sosok Jaksa Agung Diharapkan dari Pejabat Karier

WartaPenaNews, Jakarta – Jaksa Agung HM Prasetyo berharap sosok Jaksa Agung mendatang berasal dari pejabat karier karena paling tahu permasalahan dan seluk beluk di Kejaksaan. Hal itu diungkapkan karena mulai viral adanya opini jabatan Jaksa Agung yang sangat strategis menjadi rebutan partai politik.

Menanggapi hal tersebut, Pakar hukum pidana Universitas Trisakti, Abdul Fickar Hadjar mengatakan pernyataan Jaksa Agung HM Prasetyo terkait hal tersebut merupakan pernyataan yang objektif. “Bagaimanapun Jaksa Agung dari parpol tidak ada keuntungan sedikitpun untuk perkembangan kejaksaan sebagai lembaga pemerintah dari kekuasaan kehakiman,” tuturnya, Minggu (3/2).

Selain itu, kata Fickar, pernyataan orang nomor satu di korps Adhyaksa itu suatu pengakuan yang sangat jujur dari seorang pimpinan Kejaksaan RI. “Pengakuan jujur dari pimpinan kejaksaan yang bukan karier bahwa Jaksa Agung karier akan lebih baik,” jelasnya.

Sementara, Komisioner Komisi Kejaksaan RI (Komjak), Indro Sugianto mengatakan yang lebih penting untuk kepemimpinan Kejaksaan kedepan yakni pertama kemampuan dalam memahami kebutuhan dan harapan rakyat dan pemangku kepentingan terhadap Kejaksaan.

Kedua, kata Indro, kemampuan memahami nilai, visi, misi kejaksaan dengan mempertimbangkan kebutuhan harapan rakyat, Lalu emampuan untuk merumuskan strategi dalam meneejemahkan dan mengimplementasikam nilai, visi dan misi.

“Kemampuan menyusun organisasi tata laksana dan anggaran untuk menjalankann strategi, kemampuan untuk membangun sistem dan prosedur (SoP) guna melaksanakan tugas dan fungsi utamanya,” terangnya.

Sedangkan menurut Koordinator Masyarakat Anto Korupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman mengatakan Jaksa Agung kedepan yang paling penting, orang yang independen dan tidak terafiliasi dengan partai politik manapun.”Akan diragukan kenetralannya meskipun dari internal tapi nyatanya terafiliasi dengan parpol,” katanya.

Menurutnya, saat ini diduga kuat ada beberapa pejabat di Kejaksaan Agung yang sudah mulai pendekatan kepada partai politik demi ambisinya menjadi Jaksa Agung. Dia berharap siapapun presiden terpilih nantinya akan mampu memilih jabatan Jaksa Agung untuk diberikan kepada orang yang independen.

“Presiden harus kebal dengan tekanan orang orang dan partai politik yang berada disekitarnya. Presiden siapapun nanti yang terpilih harus memastikan bahwa Jaksa Agung adalah orang yang independen dan tidak angkat orang internal yang terpapar sebagai orang partai politik,” tegasnya.

Seperti diketahui, saat meluncurkan website dan mengukuhkan pengurus Pusat Persatuan Jaksa Indonesia (PJI) di Badan Diklat Kejaksaan RI, Jakarta, Jumat (2/2) lalu, Jaksa Agung HM Prasetyo berbicara banyak soal Jaksa Agung kedepan. “Kita harapkan agar Jaksa Agung berasal dari pejabat karier,” kata Prasetyo.

Prasetyo sendiri berharap Jaksa agung mendatang berasal dari kalangan internal kejaksaan. Karena jaksa yang paling tahu permasalahan dan seluk beluk penegakan hukum di Kejaksaan. “Bahwa ini negara demokrasi tentunya ada irisan dengan politik itu biasa. Tapi tidak berarti Jaksa Agung harus tidak independen,” terangnya.

Sebelumnya viral beredar lima nama tokoh nasional menjadi calon atau kandidat Jaksa Agung yang akan ditunjuk pasangan capres nomor urut dua Prabowo-Sandiaga Uno jika menang Pilpres 2019.

Kelimanya yakni penyidik KPK Novel Baswedan, mantan wakil ketua KPK Bambang Widjojanto serta Busyro Muqoddas. Dua lainnya ahli hukum Todung Mulya Lubis dan mantan pimpinan KPK Chandra M Hamzah. (dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

Presiden Rusia Vladimir Putin
Pasok Tank untuk Ukraina, Putin Ancam Jerman Pakai Nuklir
film
Deretan Film Semi China Terbaik
satu 1
Viral, Siswa Teladan di SMA Kotamobagu Dianiaya hingga Babak Belur
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona
Sarah Viloid
5 Gamer Paling Cantik dan Seksi di Indonesia

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
6 Februari 2023 - 12:17
Diduga Sebabkan Gagal Ginjal, BPOM Setop Sementara Produksi-Distribusi Obat Sirop

wartapenanews.com - Dua anak di Jakarta dilaporkan mengidap Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA) pada awal Februari 2023, setelah kasus serupa tak ditemukan sejak Desember 2022. Satu meninggal dan satu

01
|
6 Februari 2023 - 11:08
Ecky Kuras Harta Senilai 1,1 Miliar, Usai Bunuh dan Mutilasi Angela

wartapenanews.com - Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya mengungkapkan tersangka M Ecky Listiantho (34) atau MEL menguras harta korban usai melakukan pembunuhan terhadap Angela Hindriati (54) atau AHW

02
|
6 Februari 2023 - 10:11
Gempa 7,8 Magnetudo Robohkan Bangunan di Turki

wartapenanews.com -  Gempa bumi dahsyat berkekuatan 7,8 magnitudo menggetarkan Provinsi Osmaniye di Turki, pada Senin (6/2). Getaran gempa terasa hingga negara tetangganya, Suriah, dan berlangsung pada pagi buta — ketika

03