25 April 2024 - 02:55 2:55

SP Kereta Api Tolak Rencana MRT Caplok 51% Saham KCI

Jakarta, WartaPenaNews – Serikat Pekerja PT Kereta Api Indonesia (SPKA) menolak rencana aksi korporasi PT MRT Jakarta yang akan mengakuisisi 51% saham PT KCI dari KAI.

Ketua Umum SPKA Edi Suryanto beralasan pengambilalihan sama justru berpotensi akan merusak sistem transportasi perkeretaapian yang sudah mapan, terintegrasi dalam satu kesatuan sistem menjadi terpecah karena alasan kewenangan.

“Jika akusisi saham ini terlaksana, BUMD mendapat porsi yang lebih besar dari BUMN. Idealnya BUMN mendapat porsi saham mayoritas dari BUMD,” ujar Edi dalam siaran persnya yang diterima redaksi, Rabu (13/1/2021).

Edi menambahkan, KCI sudah terbukti bagus dan menjadi contoh layanan kereta api perkotaan yang selamat, aman, nyaman, dan tepat waktu, diakuisisi oleh perusahaan yang baru lahir.

Sebaliknya, KAI lebih berpengalaman dalam pengelolaan moda transportasi berbasis rel dan memiliki lintas operasional yang lebih panjang (panjang rel).

Edi menegaskan bahwa SPKA mendukung integrasi antar moda secara terpadu. Namun ia meminta kepada pemerintah pusat untuk membatalkan aksi MRT Jakarta yang mengakuisisi 51% saham KCI, sehingga kepemilikan saham KAI hanya tersisa 49%. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
24 April 2024 - 12:17
Imbas Tebak-tebakan ‘Hewan Mengaji’, TikToker Galih Loss Berakhir di Jeruji Besi

WARTAPENANEWS.COM -  Polda Metro Jaya menetapkan TikToker bernama Galih yang memiliki akun @Galihloss29 sebagai tersangka. Hal ini dilakukan buntut dari konten tebak-tebakan terkait 'hewan mengaji'. Galih ditangkap oleh Dittipidsiber Bareskrim

01
|
24 April 2024 - 11:16
Alyssa Soebandono Lahirkan Anak Perempuan

WARTAPENANEWS.COM - Alyssa Soebandono baru saja melahirkan anak ketiganya yang berjenis kelamin perempuan. Kehadiran anak ketiganya jelas disambut bahagia oleh istri Dude Harlino beserta keluarganya. Diketahui anak ketiga Alyssa dan

02
|
24 April 2024 - 10:15
Perkosa Perempuan ODGJ, Pria di Bandar Lampung Dibekuk Polisi

WARTAPENANEWS.COM - Seorang pria lansia nekat memperkosa perempuan pengidap gangguan jiwa atau orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di pinggir jalan. Pelaku berinisial MA (66) warga Gunung Agung, Kecamatan Tanjung Karang

03