29 March 2024 - 04:45 4:45

Sri Mulyani: Biaya Penanganan Covid-19 Capai US$ 11 Triliun

sri mulyani

WartaPenaNews, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan dunia sudah menghabiskan anggaran begitu besar dalam menghadapi dampak dari pandemi, yakni lebih dari US$ 11 triliun atau Rp 159.500 triliun (kurs Rp 14.500/US$).

Menurut Sri Mulyani, pandemi Covid-19 masih menjadi tantangan bagi seluruh negara di dunia. Dampak dari virus ini begitu terasa di semua aspek dan sektor kehidupan manusia di dunia.

“Untuk menghadapi pandemi hebat ini dunia, seluruh negara bahkan sudah mengalokasikan bahkan lebih dari 11 triliun dolar. Seluruh negara menggunakan resource nya untuk melindungi rakyatnya dari Covid-19,” ujarnya dalam ESG Capital Market Summit seperti diberitakan CNBC Indonesia, Selasa (27/7/2021).

Anggaran besar ini dikeluarkan oleh seluruh negara di dunia karena pandemi Covid-19 menekan seluruh aspek baik sosial, ekonomi, kesehatan yang bahkan mengancam jiwa. Tekanan yang begitu besar ini harus dimitigasi dengan biaya yang tidak cukup hanya sedikit.

“Kebijakan fiskal, moneter, regulasi seperti di OJK semuanya dilakukan untuk bisa pertama menghadapi ancaman itu untuk melindungi masyarakat dan dunia usaha dan perekonomian agar tetap bisa bertahan dan agar seluruh policy regulasi instrumen sumber daya dipake tidak hanya masyarakat bisa bertahan dan dunia usaha bertahan namun juga bisa pulih kembali,” jelasnya.

Besarnya anggaran penanganan dampak pandemi Covid-19 ini juga tercermin dari defisit fiskal yang meningkat di seluruh negara di dunia. Indonesia sendiri harus mengubah kebijakannya agar defisit anggaran bisa dilebarkan dari yang selama ini ditetapkan dalam UU Keuangan Negara.

“US$ 11 triliun sudah dibelanjakan di seluruh dunia dalam bentuk fiskal defisit yang melebar, dalam bentuk monetary easing yang semuanya adalah tujuannya untuk bisa menghadapi pandemi Covid-19,” kata dia. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03