20 April 2024 - 21:33 21:33

Strategi Bisnis Tepat, Pertamina Berpeluang Raih Laba di Akhir 2020

Jakarta, WartaPenaNews – Pertamina berpeluang meraih keuntungan pada semester kedua 2020. Sebab, di tengah pandemi Covid-19, kinerja BUMN energi itu memang terus meningkat, termasuk dari sisi efisiensi pengelolaan utang dan strategi bisnis yang tepat. Demikian disampaikan peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Abra PG Talattov.

“Memang tidak mudah bagi industri minyak dan gas dunia saat pandemi, termasuk Pertamina. Tetapi melihat strategi bisnis Pertamina yang tepat, baik di sisi hilir maupun hulu, sangat masuk akal jika meraih laba pada semester kedua 2020 untuk menutup kerugian pada semester pertama,” kata Abra di Jakarta,  hari ini.

Pada sisi hilir, lanjut Abra, Pertamina berhasil memanfaatkan dengan baik geliat roda ekonomi. Karena pada masa PSBB Transisi misalnya, aktivitas masyarakat mulai berjalan, termasuk seluruh moda transportasi. “Hal itu menjadi salah satu rasionalisasi, yang menyebabkan kinerja Pertamina pada semester kedua ini berpotensi membaik,” lanjut Abra.

Menurut Abra, indikator perbaikan kinerja sudah terlihat sejak awal semester. Pada awal Juli 2020 misalnya, volume penjualan bahan bakar minyak (BBM) sudah naik 5% dibandingkan Juni. “Belum lagi bulan-bulan selanjutnya, seiring peningkatan penumpang pesawat, penambahan kendaraan, peningkatan pariwisata, dan juga okupansi hotel. Mobilitas masyarakat yang meningkat tersebut, turut mendorong peningkatan pendapatan Pertamina,” urainya.

Sementara di sisi hulu, juga dikaitkan dengan membaiknya harga minyak dunia pada semester kedua 2020. Ditambah lagi dengan pemulihan ekonomi di berbagai negara, termasuk Korea, Jepang, dan Cina, serta sentimen vaksin yang mulai didistribusikan ke berbagai negara. Semua itu, menurut Abra, menjadi pemicu rebound harga minyak mentah. “Dan itu pula yang menjadi salah satu faktor peningkatan kinerja di sektor hulu,” kata Abra.

Dari sisi hulu, Abra juga menilai bahwa Pertamina bisa menjaga keseimbangan supply dan demand dan bahkan masih membutuhkan impor crue oil. Kondisi demikian, lanjut Abra, juga memicu BUMN tersebut untuk memperoleh pertumbuhan, karena antara biaya produksi dan pendapatan masih bisa dikompensasi. “Belum lagi ditambah kontribusi dari sisi kilang, yang bisa menjadi penyangga untuk mendistribusikan BBM dalam negeri,” lanjut Abra.

Dari sana Abra menilai, efisiensi dan strategi bisnis yang tepat, menjadi kunci Pertamina dalam memanfaatkan geliat ekonomi. Artinya, meski saat ini pandemi belum pulih benar, namun Pertamina bisa memanfaatkan sentimen tersebut dengan sangat baik sehingga bisa mengoptimalkan raihan keuntungan. Dan jika proyeksi tersebut tercapai, semakin menunjukkan kinerja Pertamina.

Terlebih, Abra memperkirakan bahwa tidak semua industri miga dunia juga bisa meraih laba pada akhir semester 2020 ini. “Pada hulu misalnya, tergantung dari tingkat produksinya juga. Karena ada juga industri migas yang karena produksinya besar maka terjadi over supply. Antara biaya investasi dan pendapatan tidak nutup. Sedangkan Pertamina bisa menjaga keseimbangan,” kata Abra.

Sebelumnya, meski sempat merugi pada semester pertama 2020, Pertamina memang memproyeksikan raupan laba pada semester kedua 2020. Pertamina memproyeksikan perolehan laba bersih di tahun 2020 sekitar USD800 juta. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03