2 Februari 2023 - 18:05 18:05
728x90

Stroke Juga Bisa Serang Usia Muda, Ini Cara Menghindarinya

WartaPenaNews, Jakarta – Stroke merupakan gejala penyakit yang paling ditakuti hampir setiap orang. Jika pada umumnya, stroke diderita oleh orang-orang lanjut usia tapi tidak menutup kemungkinan para remaja usia muda pun bisa mengalaminya.

Dokter Aloisia Permata Sari mengungkapkan stroke bisa terjadi karena kondisi masalah kesehatan khusus atau kondisi tertentu yang membuat kondisi tubuh memburuk. Stroke terjadi ketika bagian otak tidak mendapatkan nutrisi dan darah yang cukup dari jantung.

Stroke juga dapat terjadi akibat penyumbatan pada bagian pembuluh darah. Kondisi ini bisa menjadi sangat buruk dan membuat penderita stroke kehilangan kemampuan.

“Stroke adalah kondisi kesehatan yang disebabkan oleh gangguan aliran darah pada pembuluh darah otak sehingga mengakibatkan aktivitas listrik otak terganggu dan kematian sel-sel saraf pada suatu area otak tertentu,” ungkap dokter Aloisia dilansir laman Alodokter.

Dilihat dari penyebabnya, menurut dokter Aloisia, stroke dibagi menjadi dua jenis yaitu stroke iskemik dan stroke hemoragik.

“Stroke iskemik adalah stroke yang disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah otak oleh gumpalan darah, sedangkan stroke hemoragik adalah stroke yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah otak,” paparnya.

Dokter Aloisia menambahkan jika resiko terjadinya stroke akan meningkat pada mereka yang memiliki penyakit diabetes, darah tinggi, penyakit jantung, kadar kolesterol yang tinggi, obesitas, merokok, memiliki riwayat stroke ringan sebelumnya, memiliki riwayat keluarga dengan stroke.

Hal-hal yang perlu dilakukan untuk mencegah stroke di usia muda secara alami diantaranya usahakan untuk selalu menjaga tekanan darah agar tidak terlalu tinggi selalu stabil, melakukan olahraga rutin untuk menjaga kebugaran tubuh, menjaga berat badan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat.

Selain itu, juga harus menghindari semua kebiasaan hidup yang buruk seperti minum alkohol, menggunakan narkoba dan merokok, mengendalikan kadar gula dalam darah jika menderita penyakit diabates, serta lebih banyak meminum air putih minimal dua liter per harinya. (dbs)

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
film
Deretan Film Semi China Terbaik
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
satu 1
Harry Tanoe Mundur dari Dirut MNC Digital (MSIN)
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
sidang ferdy sambo
Hari Ini, Enam Eks Anak Buah Sambo Jalani Sidang Tuntutan
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona
Sarah Viloid
5 Gamer Paling Cantik dan Seksi di Indonesia

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
2 Februari 2023 - 12:03
Rekonstruksi Ulang Kecelakaan Mahasiswa UI Dijaga Ketat Polisi

wartapenanews.com - Puluhan polisi tampak berbaris, menjaga ketat tempat kejadian perkara (TKP) rekonstruksi ulang kecelakaan Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Muhammad Hasya Attalah Syaputra di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Puluhan polisi

01
|
2 Februari 2023 - 11:08
Nunung Divonis Idap Kanker Payudara

wartapenanews.com -  Kabar kurang menyenangkan datang dari pelawak Nunung Srimulat. Belum lama ini, ia divonis dokter mengidap penyakit kanker payudara. Awalnya, Nunung merasakan ada benjolan di sekitar payudaranya. Namun, ia

02
|
2 Februari 2023 - 10:06
Hari Ini, Polda Metro Gelar Rekonstruksi Ulang Kasus Kecelakaan Mahasiswa UI

wartapenanews.com - Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi ulang kasus kecelakaan yang menewaskan mahasiswa UI, Muhammad Hasya Atallah (18), di Jalan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, hari ini, Kamis (2/2). Polisi

03